ADVERTISEMENT

Jemaah Pria-Wanita Satu Shaf di Al Zaytun, Waketum MUI: Saya Yakin Setelah Viral, Mereka...

Rabu, 26 April 2023 09:14 WIB

Share
Salat ied di Ponpes Al Zaytun Indramayu disorot MUI. Foto: Dok Ist.
Salat ied di Ponpes Al Zaytun Indramayu disorot MUI. Foto: Dok Ist.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Waketum MUI KH Marsudi Syuhud menanggapi ramainya sorotan perihal salat ied di Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu.

MUI turut menyoroti salat ied Al Zaytun di mana ada perempuan satu shaf dengan lelaki.

Lantas, apa tanggapan MUI terkait salat ied di Ponpes Al Zaytun Indramayu yang viral di sosial media dan diperbincangkan banyak masyarakat ini?

Menurut Marsudi, dalam beribadah mendekatkan diri kepada Allah, layaknya tiap umat Islam memperhatikan aturan dan hukum-hukumnya. 

Bukan cuma itu, ada juga hal lain berupa adab atau akhlak beribadah. Sebab beribadah itu, dikatakan, sudah ada aturan bakunya, hukum-hukumnya, termasuk soal bagaimana melaksanakan salat seorang diri, berjamaah, hingga salat bersama antara laki-laki dan perempuan.

"Rasulullah menyampaikannya begini: Sesungguhnya shaf-shafnya laki-laki dan perempuan yang berjamaah, laki-laki di depan dan perempuan di belakang. Ini adalah adab, ini adalah tata cara. Kenapa demikian? Karena sesungguhnya keutamaannya salat perempuan atau wanita itu ditaruh di akhir shaf, akhir barisan," katanya di AKI Siang, Rabu 26 April 2023.

Marsudi bilang, Imam Nawawi menjelaskan, tujuan perempuan ada di shaf belakang adalah untuk menjauhkan antara penglihatannya laki-laki, gerak, dan pendengarannya.

"Lihat tuh di Mekkah, Masjidil Haram, itu ada sekatnya. Lihat tuh di Masjid Nabawi ada sekatnya sendiri." katanya.

Bahkan dalam anjurannya, jika selesai salat, sang imam dikatakan tak boleh pergi dulu sebelum jemaah perempuan keluar duluan.

"Maka diutamakan bagaimana kita hidup ya tetap pakai adab, tidak cukup hanya sah dan tidak sah saja. Apalagi di sebuah lembaga pendidikan."

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT