ADVERTISEMENT

Musim Mudik Lebaran Idul Fitri, 1,6 Juta Lebih Kendaraan Melintas di Tol Tangerang Merak

Senin, 24 April 2023 13:19 WIB

Share
Tol Tangerang Merak di musim mudik. Foto: Dok Ist.
Tol Tangerang Merak di musim mudik. Foto: Dok Ist.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Astra Infra Tol Tangerang-Merak mencatat ada sebanyak 1.665.567 kendaraan pemudik Lebaran Idul Fitri 1444 H melintas di ruas jalan Tol Tangerang-Merak.

Angka tersebut terhitung sejak H-10 atau tanggal 12 April sampai dengan hari kedua Lebaran tanggal 23 April 2023.

Sementara puncak trafik tertinggi terjadi di gerbang tol Merak sebanyak 21.716 kendaraan per hari yang merupakan rekor lalu lintas Gerbang Tol Merak sepanjang tahun.

"Meski menjadi rekor tertinggi, namun arus kendaraan di ruas jalan Tol Tangerang-Merak cenderung normal lancar," ungkap Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas Astra Tol Tangerang Merak, Uswatun Hasanah kepada Poskota, Senin 24 April 2023.

Menurut Uswatun, kelancaran kendaraan dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya cukup efektifnya upaya peningkatan kapasitas layanan transaksi, peningkatan kapasitas lajur jalan tol maupun layanan pendukung di ruas Tol Tamer seperti kapasitas parkir dan toilet. 

"Selain itu, pengelolaan trafik yang cukup matang oleh berbagai pihak, di pelabuhan yaitu Merak, Ciwandan dan BBJ Bojonegara, serta efektivitas sosialisasi pembatasan kendaraan angkutan barang juga menjadi faktor kelancaran," ujarnya.  

Pihak Astra Tol Tangerang Merak juga saat ini masih tetap siaga mengantispasi arus balik Lebaran 2023, yang diprediksi mulai meningkat signifikan pada tanggal 29 April - 1 Mei 2023 dengan puncak mudik tgl 30 April 2023, dengan estimasi 174.294 kendaraan melintas. 

"Asumsi kami pemudik masih akan memperpanjang cuti setelah cuti bersama habis, mengingat 1 Mei 2023 ini tanggal merah," ujar Uswatun.

Dikatakan, kesiapan yang dilakukan oleh Astra Tol Tangerang Merak dalam mengantisipasi puncak arus balik Lebaran 2023, diantaranya tetap memaksimalkan layanan transaksi gardu reguler pada gerbang-gerbang favorit seperti entrance Merak, Cilegon Timur, Serang Timur dan exit Cikupa. 

Diskon Tarif jarak terjauh (Cikupa-Merak) sebesar 20 persen untuk semua golongan kendaraan, juga akan kembali diberikan kepada calon pemudik yang mau menunda perjalanan baliknya pada tanggal 27 April 2023 jam 06.00 sampai 29 April 2023 jam 06.00 WIB.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rahmat Haryono
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT