ADVERTISEMENT

Doa Akhir Ramadhan yang Dibaca Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Rabu, 19 April 2023 11:58 WIB

Share
Bacaan doa akhir Ramadhan yang sesuai sunnah Rasulullah. Foto: Ist
Bacaan doa akhir Ramadhan yang sesuai sunnah Rasulullah. Foto: Ist

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Doa akhir Ramadhan adalah salah satu doa yang disunnahkan oleh Rasulullah untuk dibaca pada akhir bulan Ramadhan. 

Doa akhir Ramadhan sangat penting, karena di penghujung bulan puasa adalah waktu yang sangat baik dan mustajab untuk mengirimkan doa kepada Allah SWT.

Rasulullah sendiri menganjurkan umatnya untuk membaca doa akhir Ramadhan, seperti yang dilafalkan oleh beliau. 

Selain itu, di hari-hari terakhir Ramadhan juga berbeda dengan awal dan tengah Ramadhan. Dalam sebuah hadits, Rasulullah menyatakan bahwa ia sangat bersungguh-sungguh dalam beribadah pada sepuluh hari terakhir Ramadhan, melebihi kesungguhan beribadah di hari-hari lain.

Dalam hal ini, Rasulullah mencontohkan beberapa amalan utama yang dapat meningkatkan ibadah pada 10 hari terakhir Ramadhan, seperti memperpanjang sholat malam, memperbanyak sedekah, i'tikaf, tilawah Al-Quran, dan membaca doa akhir Ramadhan. 

Sebagai seorang muslim, kita juga tentu harus memanfaatkan kesempatan ini dengan meningkatkan kualitas ketaatan, beribadah, bertaqarrub, dan mengajak anggota keluarga untuk beribadah.

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penutupan bulan Ramadhan yang penuh berkah, 10 malam terakhir yang sangat dicintai oleh Rasulullah, kerinduan akan keindahan Lailatul Qadar, dan contoh dari Rasulullah agar kita tidak terlena dalam kesibukan.

Oleh karena itu, kita harus memperbanyak ibadah pada 10 hari terakhir Ramadhan dan membaca doa akhir Ramadhan untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Bacaan Doa Akhir Ramadhan

Doa akhir Ramadhan yang sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdillah RA dari Muhammad al Mustafa.

Hadits tersebut menyatakan bahwa "Siapa yang membaca doa ini pada hari terakhir Ramadhan, ia akan mendapatkan salah satu dari dua kebaikan di antaranya menjumpai Ramadhan mendatang atau pengampunan dan rahmat Allah."

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT