ADVERTISEMENT

Jumlah Pemudik Naik 44,8 Persen, Kapolri Harap Bisa Tekan Angka Kecelakaan Lalulintas

Selasa, 18 April 2023 15:07 WIB

Share
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (foto/Poskota)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (foto/Poskota)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Antusias masyarakat pada musim mudik lebaran tahun 2023 ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Hasil survei menyebut terjadi peningkatan sebanyak 44,8 persen.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, tahun ini jumlah pemudik yang berangkat ke kampung halaman mencapai 123 juta orang tahun ini, tahun sebelumnya  85 juta orang.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa survey dari Kemenhub tahun ini kita memang harus lebih mempersiapkan diri dengan baik khususnya dari hasil survey yang terlihat ada peningkatan 44,8 % dari 85 menjadi 123 juta," ujarnya di kawasan Monas, Jakpus, Selasa (18/4/2023).

Dari angka tersebut, Jawa Tengah menempati lokasi yang paling banyak dikunjungi para pemudik. Disusul Jawa Timur dan Jawa Barat.

Sigit menyebut musim mudik lebaran tahun ini menjadi pekerjaan bersama. Apalagi dengan adanya peningkatan jumlah pemudik yang berlebaran ke kampung halaman.

Berbagai persiapan dilakukan untuk mengamankan musim mudik lebaran. Diantaranya terkait arus lalulintas hingga posko-posko yang disiapkan bagi pemudik, serta penambahan jumlah personil kepolisian.

"Tentunya ini menjadi PR kita bersama untuk bisa menyelenggarakan mudik yang betul-betul bisa dirasakan oleh masyarakat ini aman dan juga nyaman," katanya.

Ia mengimbau kepada pemudik, para sopir khususnya yang mengendarai kendaraan roda dua maupun roda dua agar tetap berhati-hati dan mengutamakan keselamatan.

"Tahun lalu, dari 3457 kecelakaan lalin terjadi. Jadi tentunya kita harapkan di tahun angka tersebut bisa kita tekan dan tentunya kepada rekan-rekan pengemudi untuk betul-betul berhati-hati di jalan," tandasnya. (Pandi)
 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT