ADVERTISEMENT

Apem Bohay, Makanan Khas Pandeglang Banyak Digemari Warga Saat Ramadhan

Sabtu, 15 April 2023 13:03 WIB

Share
Kue apem bohay. Foto: Ist.
Kue apem bohay. Foto: Ist.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID - Apem Bohay, salah satu olahan makanan khas di Kabupaten Pandeglang, yang banyak diburu warga saat bulan Ramadhan.

Lantaran, olahan makanan tradisional tersebut hanya banyak dijumpai saat bulan Ramadhan saja. Karena pelaku usaha apem bohay lebih banyak memproduksi di bulan puasa.

Selama bulan suci Ramadhan, kue apem bohay menjadi makanan favorit warga untuk berbuka puasa.

Apem ini hadir dengan warna alami tersebut, rasanya sangat enak dan punya rasa khas tersendiri. Biasanya, apem ini dimakan dengan campuran air gula merah. Namun tidak kalah nikmat juga ketika dimakan dengan syrup marjan.

Kue ini diolah dari bahan tepung beras yang dicampur dengan tape singkong dan bahan lainnya. Kemudian olahan itu dikukus hingga mengembang.

Disebutnya Apem Bohay, karena kue yang dibentuk persegi empat itu bentuknya mengembang dan berisi, sehingga disebut demikian.

Kue dengan warna putih polos itu teksturnya lembut dan memiliki cita rasa yang khas. Karena dibuat dari bahan baku tepung beras yang berkualitas.

Pemilik usaha olahan kue di Kampung Kadubungbang, Desa Kadubungbang, Kecamatan Cimanuk, Pandeglang, Ema mengungkapkan, produksi kue ini memang lebih banyak saat bulan Ramadhan.

Karena, kata dia, permintaan apem bohay lebih tinggi dibanding dengan bulan-bulan biasa. Soalnya, banyak warga yang mencari kue apem untuk berbuka puasa.

"Hari-hari biasa juga memproduksi tapi tidak sebanyak saat bulan Ramadhan. Karena kalau bulan puasa ini permintaan tinggi," ungkapnya, Sabtu (15/4/2023).

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Samsul Fathony
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT