ADVERTISEMENT

Konferensi GPLC 2023 di India, Marsudi Syuhud Gelorakan Persatuan RI dengan Pancasila

Kamis, 13 April 2023 20:13 WIB

Share
KH Marsudi Syuhud di ajang Global Peace Leadership Conference Indo-Pasific (GPLC) 2023, New Delhi, India. (Foto: Dok Pribadi)
KH Marsudi Syuhud di ajang Global Peace Leadership Conference Indo-Pasific (GPLC) 2023, New Delhi, India. (Foto: Dok Pribadi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pengurus Pusat Majelis Ulama Indonesia KH Marsudi Syuhud menjadi pembicara di ajang Global Peace Leadership Conference Indo-Pasific (GPLC) 2023 bertema 'Vasudhaiva Kutumbakam'.

Ajang GPLC yang digelar 11-13 April 2023 di New Delhi tersebut, melibatkan sejumlah perwakilan dari berbagai negara. Adapun tema Vasudhaiva Kutumbakam merupakan sebuah pepatah terkenal di India yang berarti dunia adalah satu keluarga. 

Tema tersebut dianggap representatif dengan semangat acara, yakni demi persatuan untuk memengaruhi peradaban manusia secara signifikan.

Di kesempatan itu, Marsudi Syuhud mengampu pentingnya persatuan dalam membangun peradaban di Indonesia dan kaitan erat dengan Bhineka Tunggal Ika serta Pancasila.

Tantangan Perang dan Konflik di Belahan Dunia

Marsudi sadar, masyarakat di dunia kini masih terus merasakan konflik yang berat dan belum terselesaikan di belahan dunia. Ini berkaitan dengan perang dan konflik yang menyebabkan banyaknya nyawa melayang, hingga mengorbankan perempuan, anak-anak, dan hancurnya tatanan sosial.

Kasus ini terjadi di negara-negara muslim atau lainnya akhir-akhir ini.

"Entah bagaimana mereka merasakan rasa sakit ini, dan saya memikirkan rasa sakit dan penderitaan semua orang yang telah kehilangan nyawa mereka dalam perang dan konflik yang tidak masuk akal ini," kata KH Marsudi Syuhud dalam pidatonya, disitat redaksi, Kamis 13 April 2023.

Marsudi menegaskan, akibat konflik dan perang, banyak pihak seolah kehilangan rasa kemanusiaan, kasih sayang, rasa hormat, hingga rasa toleransi terhadap sesama manusia.

Ia percaya, untuk menyelesaikan masalah yang sangat rumit ini, salah satunya adalah dengan mengutamakan dan mengamalkan nilai-nilai universal agama yang dianut masing-masing individu. Serta nilai-nilai luhur budaya masing-masing negara yang terus diamalkan secara turun-temurun. Seperti nilai-nilai dari 'Vasudhaiva Kutumbakam' di India.

Dia lantas mencontohkan dalam peradaban Islam, perkembangan negara madinah yang penduduknya berbeda agama seperti Muslim, Nasrani, Yahudi dan Majusi, agar mereka bisa bersatu untuk hidup bersama membangun peradaban.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT