ADVERTISEMENT

Subsidi Tak Tepat Sasaran, Driver Ojol Sulit Migrasi ke Motor Listrik

Jumat, 7 April 2023 19:02 WIB

Share
Muhammad Anwar Rizal, Koordinator Komunitas Ojek Online Wilayah Depok (Ist)
Muhammad Anwar Rizal, Koordinator Komunitas Ojek Online Wilayah Depok (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Implementasi pemberian subsidi motor listrik ternyata belum bisa dirasakan oleh para pengemudi ojek online (ojol). 

Mereka merasa program ini belum sepenuhnya tepat sasaran dan cenderung malah sulit untuk didapatkan oleh masyarakat yang sebenarnya paling membutuhkan subsidi motor listrik yaitu pengemudi ojol. 

Salah satu yang dikeluhkan oleh para pengemudi ojol yang tertarik membeli motor listrik bersubsidi adalah tingginya biaya pembuatan STNK yang mencapai Rp 3-4 juta. 

“Kita dari arus bawah yang menggunakan motor konvensional, susah untuk bersaing saat ini, banyaknya driver dan harga bensin saat ini semakin mahal. Akhirnya kita mencoba untuk mengganti ke motor listrik karena menurut pemerintah ada subsidinya,” kata Muhammad Anwar Rizal, Koordinator Komunitas Ojek Online Wilayah Depok dalam keterangannya, Jumat, (7/4/2023).  

 

“Tapi prakteknya di lapangan ketika kita datang ke beberapa showroom seperti Volta, United, Selis dsb, itu biaya untuk bisa mendapatkan motor itu, STNK nya aja mencapai antara 3-4 juta, subsidi dari mana yang kayak gitu? Yang dibilang pemerintah bantu kita bantunya di mana kalau untuk STNK nya aja sebesar itu, kita harus bayar,” beber Rizal.  

Selain pembuatan STNK yang mahal, syarat untuk mendapatkan subsidi motor listrik, kata Rizal cukup rumit bagi mereka yang mayoritas tinggal di kontrakan. Diketahui, salah satu persyaratan program subsidi motor listrik sebesar Rp 7 juta ini antara lain adalah penerima bansos, KUR, serta pemilik rumah dengan listrik 450 – 900 VA. 

“Semua bantuan itu kita banyak yang belum dapat. Jadi ini sebenarnya pemerintah mau bantu kita atau mau bunuh kita?” keluh Rizal seraya diamini oleh rekan-rekannya sesame pengemudi ojek online di Depok. 

 

“Saya ke salah satu dealer di Sukmajaya, itu persyaratannya susah, ditambah biaya-biayanya membengkak. Jadi supaya saya dapat subsidi itu, di rumah listriknya harus 450-900, kan udah gak ada (di jabodetabek), listrik 450 di mana coba? Sementara kita yang ngontrak, listriknya gak ada (450 watt), rata2 sudah token,” imbuhnya. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Wanto
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT