Singgung Kebon Jeruk, Iskandar Sitorus Buka Data Artis Inisial R Terkait Rafael Alun

Kamis, 6 April 2023 13:07 WIB

Share
Artis inisial R disuntik dana Rafael Alun. Foto: Kolase/Ist.
Artis inisial R disuntik dana Rafael Alun. Foto: Kolase/Ist.

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sosok artis inisial R yang belakangan ramai disorot usai diduga mendapat suntikan dana dari Rafael Alun Trisambodo mulai diungkap pelan-pelan.

Sekretaris Indonesia Audit Watch Iskandar Sitorus menyebut, artis inisial R itu adalah salah satu bagian dari empat artis lainnya yang diduga mendapat dana uang haram tindak pidana pencucian uang (TPPU) dari Rafael Alun.

Sosok artis inisial R tersebut setidaknya disinggung Iskandar Sitorus saat menjadi bintang tamu di program The Prime Show Aiman, dikutip Kamis 6 April 2023.

Awalnya, Iskandar menyinggung rumah besar di Kebon Jeruk yang belum disentuh atau digeledah KPK hingga kini. Padahal, lokasi tersebut adalah rumah pertama Rafael Alun yang dibeli di Jakarta. Adapun rumah itu diketahui memiliki nilai Rp 56 miliar.

"Buktinya KPK belum geledah tuh rumah yang di Kebon Jeruk. Kami ke sana, itu rumah Rafael pertama yang dibeli. Kalau disebut harta dia di LHKPN Rp 56 miliar, itu cuma harga rumah di Kebon Jeruk. Cek saja harganya," kata dia.

Ditanya soal kaitan rumah di Kebon Jeruk dengan artis, Iskandar lantas menyinggung jika itu adalah bukti kalau kekuasaan Rafael Alun sudah ada sejak 23 tahun belakangan. Sebab rumah itu dibeli sejak lama.

Dan bukan seperti yang disebut KPK bahwa dia berkuasa usai mendapat struktur tertentu. "Dia sudah malang melintang sejak tahun 2000, dia anak kesayangan raja pajak yang sudah pada kenal, inisial H," katanya.

"Jadi dia itu membina bagaimana kerusakan-kerusakan di Dirjen Pajak itu terjadi. Sementara reformasi di perpajakan saja baru dilakukan pada 2007. Nah Rafael Alun bagian dari kelompok-kelompok itu," katanya.

Artis Inisial R Itu Terkait Rans?

Iskandar kemudian ditanya soal siapa artis inisial R yang dimaksud mendapat suntikan dana pencucian uang dari Rafael Alun. Iskandar hanya menjawab kalau di data yang diserahkan ke KPK, dia adalah orang kaya baru yang berkedudukan di Jakarta.

"Yang pasti dia terkonsolidasi dengan keluarga Rafael Alun."

Pertanyaan kemudian menajam, apakah artis inisial R itu Raffi Ahmad? Mengingat anak Rafael Alun menikah dengan salah seorang laki-laki bernama Jeremy yang bekerja di Rans Entertainment.

Iskandar kemudian memilih bergeming. Namun dia memastikan J yang dimaksud adalah Jeremy yang bekerja di Rans.

Akan tetapi Iskandar hanya menyebut, dana-dana yang diberikan Rafael Alun ke perusahaan milik artis sengaja dilakukan demi mencuci uang hitam ke area putih agar aman.

"Jadi uang-uang hitam itu adalah bersumber dari uang haram, seperti korupsi, manipulasi, hasil injek-injek orang, kan uang itu agak sulit masuk ke perbankan. Karena uang itu cash semua," katanya.

Iskandar juga bahkan berani menantang agar KPK bisa mengungkap apakah uang di deposit box yang ditemukan di kediaman Rafael Alun berisi dolar dengan nomor seri keluaran 2021-2022.

"Itu artinya memang uang baru semua. Sebab perputarannya sangat cepat sekali," kata dia.

Adapun artis inisial R yang dimaksud Iskandar hanya semata-mata dipergunakan untuk mencuci uang saja, dan menjadi boneka performa perusahaan. Padahal, secara manajemen, perusahaan milik artis itu memang sengaja tidak dikelola dengan baik. 

Dan diharap agar perusahaan itu ada tidak lebih dari 5 tahun saja.
"Kalau konteks artis, terlalu kecil untuk disuntik Rafael Alun," katanya.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar