ADVERTISEMENT

Serakah vs Sak Madyo

Kamis, 6 April 2023 05:06 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

“Keserakahan akan membawa kesengsaraan, dan menciptakan kesenjangan baru, lebih – lebih jika ditampilkan oleh para elite negeri ini, yang mestinya menjadi teladan dalam kesederhanaan dan kedermawanan “
-Harmoko-

 
Keserakahan dapat merusak segalanya. Kerusakan lingkungan yang berdampak timbulnya banjir dan tanah longsor, berawal dari keserakahan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam. Begitupun korupsi. Jabatan dimiliki, kekayaan berlebih, kekuasaan meluas, tetapi masih saja korupsi untuk memperkaya diri, karena tadi, adanya sifat serakah.

Fakta membuktikan sudah ratusan pejabat publik terjerat korupsi karena sikap tidak puas atas apa yang telah dimiliki. Jabatan yang dimiliki bukan untuk kemaslahatan rakyat, tetapi dimanfaatkan untuk kepentingan privat dan rekan sejawat.

Seseorang disebut serakah karena selalu hendak memiliki lebih dari yang dimiliki. Sering disebut tamak, loba, rakus atau sifat serupa yang mencerminkan perilaku tidak pernah puas atas apa yang telah dimiliki.

Tidak ada kepuasaan dalam dirinya. Ingin selalu tampil lebih segalanya dari orang lain, baik soal harta, kemewahan, kepemilikan pangkat dan jabatan serta status sosialnya.

Flexing barang mewah di media sosial adalah upaya pengenalan identitas diri soal kehebatannya karena  kemewahan yang dimilikinya.Tujuannya mengerek status sosialnya – sering disebut pansos.

Jika ingin selalu menguasai flexing dengan menebar kemewahan agar mendapat pengakuan publik, itu sudah mengarah kepada keserakahan sosial.

Itulah sebabnya serakah  tak hanya merusak lingkungan, juga diri sendiri, akan menjadi penyakit hati yang sulit diobati seperti iri, dengki, takabur, sombong. Juga kesewenang – wenangan yang berujung kepada kian suburnya penyalahgunaan, manipulasi, gratifikasi dan korupsi.  

Agama apa pun mengajarkan pemeluknya menjauhkan diri dari sikap tamak dan serakah. Bahkan, agama sangat membenci sikap serakah. Keserakahan merupakan perilaku hina dalam agama. Keberadaannya bukan saja dibenci penduduk bumi, juga dibenci penduduk langit.

Leluhur kita telah mengajarkan untuk hidup sederhana, tidak bermewah ria, tidak riya, tidak pula mengada – ngada. Tetapi hiduplah sewajarnya, secukupnya dan sepantasnya- disebut Urip sak madya.

Anjuran agar tidak boros dan tidak bergaya hidup mewah seperti dirumuskan  dalam butir- butir sila kelima Pancasila, merupakan cerminan dari urip sak madyo sebagaimana kehendak para founding fathers kita.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT