350 Guru Besar Turun Gunung Beking Mahfud MD: Tak Kami Biarkan Dia Berjuang Sendiri

Minggu, 2 April 2023 11:21 WIB

Share
Ratusan guru besar dukung Mahfud MD. Foto: Kolase/Ist.
Ratusan guru besar dukung Mahfud MD. Foto: Kolase/Ist.

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ratusan guru besar dan doktor di sejumlah universitas di Indonesia turun gunung membela langkah Ketua Komite Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang Mahfud MD dalam mengusut secara tuntas kasus dugaan TPPU sekira Rp 349 triliun di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Ratusan guru besar itu mendukung langkah Mahfud MD dengan membuat petisi kepada beliau untuk membongkar dan menuntaskan dugaan transaksi janggal Rp 349 triliun.

Dalam penuturannya, para guru besar ini prihatin setelah menyaksikan jalannya rapat dengar pendapat antara Mahfud MD dengan Komisi III DPR RI yang digelar Rabu kemarin, 29 Maret 2023. Di mana rapat yang digelar selama delapan jam itu berlangsung panas. Debat panas antara Mahfud MD dan anggota dewan pun tak terhindarkan.

Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof Iswandi Syahputra mengatakan, dukungan ratusan guru besar pada Mahfud MD penuh alasan dan sesuai dengan semangat para praktisi pendidikan yang menginginkan Indonesia bersih dari praktik korupsi.

"Apa yang disampaikan Pak Mahfud MD bersifat keluaran ya, tapi pasti punya pesan tersembunyi. Kan masih belum jelas dugaan TPPU dan bukan laporan korupsi. Nah pesan ini yang harus kami baca sebagai informasi penting bagi publik," kata dia disitat AKI Malam, Minggu 2 April 2023.

Sebab, lanjut dia, jika Mahfud MD sudah berani tampil menangkis semua pertanyaan dari anggota DPR, mereka menduga ada pesan yang sangat penting yang setara dengan keberanian tersebut.

Sehingga petisi dukungan ratusan guru besar ini dianggap sebagai momentum tepat untuk mendorong agar semua pihak terlibat dan membuka apa yang sedang disembunyikan dari Mahfud MD, dan juga apa yang sedang ditutup-tutupi oleh DPR dengan dana Rp 349 triliun ini.

"Dana Rp 349 triliun itu cukup besar ya, bisa untuk membangun IKN. Kalau dikonversi ke uang kuliah tunggal (UKT) itu sudah jutaan mahasiswa yang bisa selesai studinya."

"Kami menangkap pesan sebenarnya Pak Mahfud sedang berjuang sendirian, dan tak akan kami biarkan dia berjuang sendirian. Keberanian Pak Mahfud itu harus didukung oleh publik, dan kami ingin mengisi ruang kosong moralitas," kata dia.

Lebih jauh Prof Iswandi mengatakan, dukungan perlu diberikan pada Mahfud MD karena tidak banyak kasus besar yang bisa terungkap hingga tuntas di negeri ini.

Halaman
Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar