ADVERTISEMENT

Kunjungi Pasar Gedebage, DPR Pastikan Stok Pangan Saat Lebaran Aman

Sabtu, 1 April 2023 19:45 WIB

Share
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini (Ist)
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI,  Anggia Erma Rini memastikan bahwa ketersediaan pangan di bulan puasa dan lebaran mendatang dalam posisi aman. Kepastian ini disampikannya  dalam kunjungan kerja  (kunker) spesifik ke Pasar  Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat.

Kunker spesifik DPR yang didukung penuh oleh Kepala Badan Karantina Pertanian,  (Kabarantan), Bambang ini bertujuan untuk meninjau kesiapan dan ketersediaan bahan pokok di bulan Ramadan dan jelang Hari Raya Lebaran.

Bambang  yang di wakili oleh Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati (KTKHN), AM Adnan mendampingi rombongan melakukan peninjauan langsung.

“Ramadan kali ini kan bertepatan dengan panen raya, sehingga diharapkan stok beras aman dan harga bisa terkendali," tutur Adnan melalui keterangan persnya, Sabtu (1/4/2023).

 

Didampingi Kepala Karantina Bandung, Ahmad Rizal  setelah berkeliling memantau harga dan stok beras, Anggia dan rombongan Komisi IV DPR kemudian memantau bahan pokok lainnya seperti daging sapi dan ayam potong dan dilanjutkan meninjau stok beras di Gudang Bulog Gedebage, Kamis (30/3) lalu.

Dari hasil pemantauan di Pasar Gedebage, Bandung, terpantau harga beras, bawang, daging, minyak goreng dan gula masih stabil sejak awal ramadhan hingga akhir Maret ini. Hanya terjadi fluktuasi harga cabai karena kendala pasokan.

Sebagai informasi, secara nasional  data yang dihimpun dari Kementerian Pertanian  dapat dipastikan ketersediaan pangan jelang lebaran dalam kondisi aman. Produksi padi pada tahun ini mencapai 13,79 juta ton atau mengalami peningkatan sebesar 0,56 persen. Sedangkan potensi luas panen selama Januari hingga April ini seluas 4,51 juta hektare. 

 

Jumlah ini seperti yang disampaikan oleh  Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo, red)  juga meningkat sebesar 2,13 persen apabila dibanding periode yang sama tahun 2022.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Wanto
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT