ADVERTISEMENT

Terungkap, Erick Thohir Bocorkan Isi Surat FIFA ke Jokowi: Seriuskah Indonesia?

Jumat, 31 Maret 2023 14:31 WIB

Share
FIFA surati Jokowi. Foto: Kolase/Ist.
FIFA surati Jokowi. Foto: Kolase/Ist.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut bahwa FIFA telah menyurati Presiden Joko 'Jokowi' Widodo terkait pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Menurut Erick Thohir, dirinya tak membaca bagaimana detail isi surat FIFA ke Presiden Jokowi. Akan tetapi, Jokowi langsung buru-buru menugasi dirinya untuk menjabarkan peta biru transformasi sepak bola Indonesia ke depan.

"Ini harus segera selesai dan harus disampaikan ke FIFA, pesan presiden kepada saya," kata Erick Thohir di Istana Merdeka, Jumat 31 Maret 2023.

Perintah presiden tersebut, kata Erick Thohir, senada dengan arahan yang pernah disampaikan ketika dirinya baru menjabat Ketua PSSI.

"Saya enggak baca suratnya FIFA ke Presiden, cuma ditegaskan kalau FIFA bertanya apakah transformasi sepakbola Indonesia ini serius atau tidak? Makanya Presiden usulkan segera buat peta birunya. Mungkin ini ada kaitannya dengan surat dari FIFA tersebut," kata Erick.

Erick mengatakan, Presiden Jokowi meminta agar dirinya melakukan pertemuan dengan FIFA dalam waktu dekat. Jokowi berharap agar Indonesia bisa menjadi bagian dari keluarga besar FIFA. Itu artinya, kata dia, Presiden tak mau Indonesia dikucilkan dari peta persepakbolaan dunia.

"Saya akan bekerja keras untuk melakukan negosiasi ke FIFA untuk menghindari sanksi berat yang bisa saja terjadi," kata Erick.

Hal ini sejalan pula dengan surat yang dikirimkan FIFA kepadanya. Di situ tertulis jika FIFA mengaku sedang mempelajari dan mempertimbangkan sanksi untuk Indonesia.
 
"Kita tentu tak mengharapkan hal-hal ini terhjadi, tetapi kalau dari suratnya, jelas disebutkan kalau mereka sedang mempelajari dan mempertimbangkan sanksi untuk Indonesia," katanya.

"Karena itu saya sedang menunggu undangan dari FIFA, setelah mereka ada rapat FIFA Council beberapa hari ke depan, saya akan bersiap kembali bertemu dengan FIFA," kata dia.

Sanksi Terberat FIFA ke Indonesia

Sementara itu, terkait bagaimana bentuk sanksi yang akan diberikan FIFA ke Indonesia, Erick mengatakan kemungkinan sudah terbayangkan.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT