ADVERTISEMENT

Sineas Ganda Hartadi, Terjun ke Dunia Sepak Bola

Jumat, 31 Maret 2023 09:51 WIB

Share
Sineas Ganda Hartadi. (ist)
Sineas Ganda Hartadi. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sutradara sekaligus sineas Ganda Hartadi kiprahnya di industri film Indonesia sudah tidak diragukan lagi.

Dia juga merupakan editor film dan seniman visual efek yang telah menggarap berbagai film di Tanah Air.

Bahkan, salah satu karyanya pernah masuk dalam nominasi penata visual terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 2017 untuk film 'Gerbang Neraka'.

Beberapa karya lainnya adalah 'Nussa: The Movie' (penata gambar), 'Milea: Suara dari Dilan' (editor suara), 'Dilan 1991' (seniman visual efek), 'Cahaya Cinta Pesantren' (seniman visual efek).

Memiliki segudang pengalaman dan prestasi di dunia film Indonesia, Ganda Hartadi ternyata memiliki hobi sepak bola.

Menariknya, ia menyalurkan hobinya tersebut dalam pembinaan usia muda.

Salah satu alasannya terjun ke pembinaan sepak bola usia muda, karena ingin mencoba meluruskan hal yang seharusnya didapatkan oleh anak dalam sepak bola grassroots.

Ia pun menyadari, saat ini semakin banyak sekolah sepak bola (SSB), khususnya di wilayah Jabodetabek.

"Yang saya lihat di lapangan, banyak sekali tekanan-tekanan dari pelatih, orang tua maupun beberapa pihak sekolah yang membebankan anak-anak untuk selalu mengejar kemenangan dalam setiap pertandingan dengan segala cara. Padahal harusnya, bermain adalah alat yang terbaik untuk belajar,” kata Ganda Hartadi, Jumat (31/3/2023).

Ia menambahkan, yang lebih penting dalam pembinaan usia muda, anak-anak yang bermain maupun berlatih sepak bola harus bergembira.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT