ADVERTISEMENT

Motor Listrik ALVA, Gesits dan Volta Bakal Dipasok Baterai dari IBC, Bagaimana dengan Honda dan Yamaha?

Jumat, 31 Maret 2023 11:30 WIB

Share
Baterai motor untuk molis Gesits.(Foto: Gesits)
Baterai motor untuk molis Gesits.(Foto: Gesits)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Indonesia Battery Corporation (IBC) menjalin kerja sama dengan tiga produsen motor listrik lokal, yakni ALVA, Gesits dan Volta untuk memasok baterai dan sejumlah perangkat pendukung lain.

 Lantas, apakah kerja sama tersebut akan diperluas dengan menyasar merek-merek Jepang seperti Honda dan Yamaha?

Corporate Secretary IBC, Muhammad Sabik menegaskan, pihaknya selalu terbuka dengan berbagai macam kemungkinan, termasuk memasok baterai untuk motor listrik buatan Jepang. 

Bahkan, dia mengaku sudah pernah bertemu perwakilan Honda.

"Iya, kita masih terbuka (untuk kerja sama standardisasi baterai). Kita dengan Honda dan Yamaha, yang saya ingat, kita pernah diskusi dengan Honda," ujar Sabik saat ditemui di Senayan, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Lebih jauh, Sabik memastikan, pihaknya tak masalah seandainya kelak Honda-Yamaha membawa standardisasi baterai dari Jepang. 

Namun, IBC terbuka untuk kerja sama atau sekadar menjalin diskusi.

"Ini kan sukarela ya sifatnya, tidak ada paksaan. Tapi kami terbuka untuk diskusi bareng, tidak kami batasi. Justru kalau semakin banyak dalam proyek ini, akan lebih baik untuk semuanya," ungkap Sabik dikutip dari detik.com.

"Katakanlah Jepang menawarkan standarisasi dan menurut kita bagus, cocok untuk Indonesia dengan industrinya, why not? Tapi bukan berarti ujuk-ujuk ikut standarisasi sana, tidak. Kalau pabrikan-pabrikan Honda, Yamaha, Suzuki mau duduk bareng, diskusi bareng dengan IBC, kita dengan senang hati terbuka," tambahnya.

Direktur Utama IBC, Toto Nugroho mengibaratkan standardisasi baterai seperti ATM Bersama. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT