ADVERTISEMENT

Piala Dunia U-20 Batal di Indonesia, Hasto: Menolak Kehadiran Israel Suara Kemanusiaan

Kamis, 30 Maret 2023 13:27 WIB

Share
Foto: Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. (Ist.)
Foto: Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. (Ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto angkat bicara terkait pembatalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Batalnya Indonesia menjadi tuan rumah buntut dari penolakan masyarakat dan sejumlah tokoh terhadap Timnas Israel.

Menurut Hasto, penolakan Timnas Israel dilarang main Piala Dunia U-20 di Indonesia dikarenakan latar belakang sejarah. Salah satunya, dikatakan Hasto, Stadion Gelora Bung Karno (GBK) yang saat ini menjadi stadion pertama indonesia lahir sebagai bentuk penolakan terhadap Israel.

"Sikap yang kami sampaikan memiliki landasan kuat secara konstitusi dan juga historis. Suara menolak kehadiran Israel adalah suara kemanusiaan, bukan kehendak politis," kata Hasto dalam keterangannya diterima menanggapi Piala Dunia U-20, Kamis (30/3/2023).

"Kesadaran sejarah juga harus terus diperkuat. Untuk diingat, Stadion Gelora Bung Karno (GBK) lahir sebagai penolakan terhadap Israel," terangnya.

Hasto menuturkan, sejak bulan Agustus pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah terkait potensi kerentanan politik dan sosial jika Timnas Israel tetap bertanding di Indonesia di Piala Dunia U-20.

"Kami bertemu dengan Menteri Luar Negeri dan beberapa bulan kemudian dengan Menteri Sekretaris Negara. Sikap kami (PDIP) muncul setelah Israel dipastikan lolos kualifikasi. Dengan harapan agar bisa dicari solusi yang terbaik, salah satunya dengan memindahkan pertandingan Israel di negara tetangga terdekat. Sehingga U-20 tetap bisa diselenggarakan di Indonesia minus Israel," terangnya.

Sebelumnya, otoritas tertinggi sepak bola dunia atau FIFA akhirnya resmi mengeluarkan sikap membatalkan pelaksanaan Piala Dunia U-20 di Indonesia, pada Rabu, 29 Maret 2023.

Latar belakang FIFA memutuskan menghapus Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tidak lain disebabkan soal situasi di Indonesia yang tidak kondusif.

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023," sebut FIFA dalam pernyataan resminya.

Sebagaimana diketahui, penyelenggaraan Piala Dunia U-20 batal digelar di Indonesia lantaran terjadi penolakan terhadap Timnas Israel yang bakal turut andil dalam turnamen bergengsi kelas dunia ini. (Aldi)
 

ADVERTISEMENT

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Novriadji Wibowo
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT