Tips Rahasia Sehat dengan Puasa Intermiten dan Ramadhan

Selasa, 28 Maret 2023 17:51 WIB

Share
Ilustrasi puasa.(Ist)
Ilustrasi puasa.(Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID –  Konsultan Millway Community, Fatmayonei Hermando menjelaskan manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan. Selain itu, Fatmayonei juga membandingkan antara puasa Ramadhan dengan puasa Intermiten.

Menurutnya, kedua jenis puasa tersebut telah mendapatkan pengakuan dari dunia dari segi manfaatnya untuk kesehatan. Puasa Ramadhan, kata Fatmayonei, termasuk ke dalam bentuk puasa intermiten.

"Satu-satunya perbedaan adalah bahwa selama puasa Ramadhan seseorang juga tidak dibolehkan minum," ujar Fatmayonei, Selasa (28/3/2023).

Fatmayonei menjelaskan bahwa puasa dalam Islam yakni menahan diri dari hal-hal yang bisa membatalkan dimulai dari terbitnya fajar sampai terbenam matahari. Kegiatan puasa Ramadan ini, lanjutnya, salah satu cara melatih diri untuk disiplin dalam menjalankan pola hidup sehat.

Ada banyak manfaat dari puasa yang dilakukan pada bulan Ramadhan. yang paling penting adalah bagaimana kita bisa disiplin dalam mengatur pola hidup sehat setelah kebiasaan makan tidak teratur selama 11 bulan sebelumnya," kata dia.

Berikut ini beberapa manfaat dari puasa di bulan Ramadhan:

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan.

1. Melindungi dari obesitas dan penyakit kronis.

Puasa sepanjang Ramadhan dapat membantu mencegah obesitas dan penyakit kronis lainnya seperti diabetes. Puasa Ramadhan mengharuskan menahan diri dari konsumsi makanan dan air antara matahari terbit dan terbenam. 

Oleh karena itu, ini meningkatkan kadar protein yang memberikan resistensi insulin. Ini juga menawarkan perlindungan terhadap bahaya diet kaya lemak dan gula.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar