ADVERTISEMENT

Perangi Polusi, Kapal Pembersih Sampah Dioperasikan di Perairan Bali

Minggu, 26 Maret 2023 10:30 WIB

Share
Mobula 8
Mobula 8

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BALI, POSKOTA.CO.ID - Kapal pembersih sampah dioperasikan guna memerangi polusi plastik laut.

Mobula 8 yang dirancang untuk mengumpulkan sampah laut dioperasikan untuk pertama kalinya di lepas pantai Bali Selasa (21/3/2023) sebagai misi awal.

Yvan Bourgnon, 52 tahun dari Prancis, pendiri organisasi non pemerintah The SeaCleaners yang berada di belakang proyek tersebut menyebutkan Mobula 8 mampu membersihkan puing-puing padat, limbah mikro, dan tumpahan minyak.

Dia dan timnya telah mengerjakan Mobula 8 sejak 2016.

Ini setahun usai dia kembali dari tur solonya berlayar keliling dunia.

Kemudian dia berjanji untuk mengambil tindakan pasca menyaksikan besarnya masalah sampah plastik di lautan dalam turnya itu.

“Saya yakin Mobula 8 di Bali ini akan menjadi contoh terbaik untuk menunjukkan kepada semua negara betapa kita perlu melakukan sesuatu untuk laut,” kata Yvan Bourgnon.

Polusi plastik sangat akut di Indonesia sehingga menempati urutan kedua setelah Tiongkok untuk volume sampah plastiknya yang berakhir di laut.

Pantai-pantai ikonik Bali biasanya dipenuhi sampah selama puncak musim hujan saat angin kencang dan hujan menyapu polusi dari pulau tetangganya, Jawa. ***

(Reuters)

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT