ADVERTISEMENT

Jauhi intrik

Jumat, 24 Maret 2023 06:06 WIB

Share
Ramadan
Ramadan

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Oleh Joko Lestari, wartawan Poskota

 


KITA tentu berkehendak bahwa semua pihak menghindari konflik. Mampu mengendalikan diri (sebagai esensi dari ibadah puasa) dari segala ucapan,perilaku dan perbuatan yang sekiranya dapat mendatangkan pertikaian dan perselisihan.

Tak berlebihan sekiranya pimpinan MUI, pemuka agama apa pun berharap kepada para elite dan partai politik untuk menghindari konflik politik.

Meski Ramadhan tahun ini bertepatan dengan tahun politik, tidak berarti melalaikan esensi dari makna bulan suci Ramadhan itu sendiri.

Meski pula tidak semua masyarakat Indonesia menjalankan shaum Ramadhan, karena berbeda keyakinan, tetapi tidak lantas menjauhkan diri dari sikap toleransi sebagaimana ajaran  nilai –nilai luhur falsafah bangsa kita, Pancasila.

Keberagaman adalah anugerah yang membawa berkah, jika mampu merawatnya, mengemasnya dan melestarikannya serta menyatukannya dalam bingkai NKRI yang ber-Bhinneka Tunggal Ika- berbeda - beda , tetapi tetap satu. Bersatu dalam perbedaan.

Menjadi aneh, jika masih ada ada yang terus mengungkit dan mencari –cari perbedaan. Mempertentangkannya yang berujung kepada munculnya gesekan sebagai embrio perpecahan.

Momen Ramadhan hendaknya kita semakin memantapkan diri untuk saling menghargai perbedaan agama dan keyakinan, beda suku, adat dan budaya, serta antar-golongan.

Dalam tahun politik saat ini, tentu terdapat beda pilihan dan dukungan, beda aspirasi dan partisipasi dan beda pula kepentingan dalam berpolitik. Perbedaan ini menjadi keniscayaan, mengingat pemilu itu sendiri adalah menentukan sebuah pilihan, menggunakan hak suaranya untuk memilih yang terbaik sesuai hati nuraninya, dari sejumlah pilihan yang ada.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT