ADVERTISEMENT

Effendi Gazali Sebut Prabowo Siap Jamin Keamanan Jokowi dan Keluarga, Ada Apa?

Jumat, 24 Maret 2023 14:41 WIB

Share
Prabowo siap jamin keamanan Jokowi. Foto: Kolase/Ist.
Prabowo siap jamin keamanan Jokowi. Foto: Kolase/Ist.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pakar komunikasi politik Effendi Gazali bicara soal Prabowo Subianto yang dinilai bakal jamin keamanan Jokowi dan keluarga andai menjadi Presiden di 2024 mendatang.

Pernyataan Prabowo yang dinilai bakal jamin keamanan Jokowi tersebut, disampaikan Effendi Gazali saat menjadi bintang tamu di program Dua Sisi, disitat Jumat 24 Maret 2023.

Lantas, apa yang menjadi latar belakang bagi Effendi Gazali hingga menyinggung Prabowo yang siap jamin keamanan Jokowi nantinya?

Semua bermula dari analisa Effendi terkait sikap Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan yang menyebut aura Presiden Jokowi kini seakan pindah ke Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Banyak pihak kemudian menyiratkan ini adalah bagian dari endorsement dari Jokowi ke Prabowo.

"Ada dua hal, yaitu mengenai waktu dan arah. Nah kalau kita bicara tentang arah, maka seperti tadi ini yang berbicara adalah Pak BG BIN, yang tentu punya banyak informasi, dan kebetulan juga dekat dengan Ketua Umum PDIP. Nah kemudian dikaitkan dengan pertemuan di Istana antara ketua umum dengan Presiden," kata Effendi Gazali.

Lebih jauh, terkait pernyataan seakan-akan aura Jokowi sudah terlihat ke Prabowo, bisa juga didefinisikan atau dibaca sebagai aura dalam arti semangat untuk melanjutkan program ataupun keamanan diri dan keluarga Jokowi.

Terkait hal ini, Effendi Gazali pun langsung ditanya maksud Prabowo Subianto yang dinilai siap jamin keamanan Jokowi. Effendi pun langsung memberi penjelasan.

"Kalau saya lihat ya, dari seluruh mantan presiden Indonesia yang agak bahagia itu Bu Mega, ya kan? Sampai sekarang waktu pidato kemarin enak loh itu 1 jam 58 menit, bergembira. Kalau mantan-mantan presiden yang lain? Belum tentu bahagia, enggak bahagia bangetlah di Indonesia, gitu ya."

"Nah jadi untuk menjamin itu semua, pada satu sisi, bisa terlihat aura yang paling dekat dengan itu auranya Pak Prabowo," kata Effendi.

Satu sisi lainnya, aura yang dimaksud mungkin bisa jadi terkait pula dengan kelanjutan program IKN yang sudah digenjot oleh Jokowi. Semua, kata dia, termasuk soal keamanan, bisa diartikan secara luas.

Selain itu, Budi Gunawan juga dinilai sangat tahu bagaimana sosok Prabowo. Dia dinilai mungkin memahami betul, tidak hanya bagaimana kerja keras Jokowi, melainkan bagaimana juga narasi besar tentang ke-Indonesiaan itu perlu sambung-menyambung. 

Adapun persambungan yang dimaksud yakni dengan infrastruktur, keadilan sosial, kebhinekaan, dan bisa jadi akan dikonsenkan oleh Prabowo ke depan.

"Jadi Pak Prabowo yang bisa melanjutkan cita-citanya Pak Jokowi dan juga mengamankan keluarga presiden nanti ke depannya. Kalau soal komitmen bagaimana melanjutkan pencapaian-capaian Pak Jokowi, secara lugas kan sudah disampaikan Pak Prabowo ya, 'tentu kita pasti bahkan sampai disebut 99,99 persen kurang lebih kita akan lanjutkan'," kata dia.

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT