ADVERTISEMENT

Petani Timun Suri Banjir Pesanan, Awal Ramadhan ini Panen Puluhan Ton

Kamis, 23 Maret 2023 16:45 WIB

Share
Petani Timun Suri Mahmud. (Foto: Angga)
Petani Timun Suri Mahmud. (Foto: Angga)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

"Di sini sebutnya cacar, kalau pohon kena penyakit ini bisa busuk, karena sampai menyerang akar, juga ada hama wereng," tuturnya.

Sedangkan untuk mengantisipasi itu, dirinya mengecek satu per satu tanamannya, dan jika ada yang terjangkit langsung dipotong atau dicabut, agar tidak menular ke tanaman lainnya.

"Kalau perawatan, saya biasa pakai pupuk kandang, insektisida dan membersihkan rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar timun suri saja," tuturnya.

HargaJual
Perbuah timun suri dihargai Mahmud Rp 6 ribu sampai Rp. 8ribu untuk partai besar itu juga tergantung besar dan beratnya timun suri tersebut.

"Kalau yang datang ke tempat langsung atau beli hanya dua atau tiga buah saja, harganya saya samakan dengan penjual di jalan atau toko, jangan sampai harga dia kebanting sama kita," terang Mahmud.

Namun, dirinya mengatakan, rata-rata petani timun suri di sana sudah ada tengkulak masing-masing yang akan memborong hasil panennya.

"Kalau tengkulak, seadanya timun kita diangkat semua, bisa 500 buah, nanti dia yang mengisi ke toko-toko buah. Kalau diketeng (jual satuan atau beberapa buah) kita jarang, apalagi yang hanya ambil 100 buah, biasanya kita tidak enak sama tengkulaknya yang sudah pasti akan memborong timun surinya," kata bapak tiga anak ini

Harga dari tengkulak, lanjur Mahmud, tergantung dari harga pasar. Namun, dirinya berharap harga harga jual di tahun ini bisa bagus dan sesuai dengan jerih payah Mahmud membudidaya timun suri.

"Karena harga beli dari tengkulak juga mengikuti harga pasar," tutupnya. 

 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Angga Pahlevi
Editor: Idham Kurniawan
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT