ADVERTISEMENT

Libur Nyepi, 164 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Kamis, 23 Maret 2023 06:00 WIB

Share
Ilustrasi. Libur Nyepi. Foto: Ist
Ilustrasi. Libur Nyepi. Foto: Ist

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Libur Hari Raya Nyepi 2023 banyak dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan perjalanan liburan. Hal ini terlihat dari data arus lalu lintas yang dilaporkan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk selama perayaan Nyepi.

Menurut PT Jasa Marga, ada 164.157 kendaraan meninggalkan kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) saat libur Nyepi.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Lisye Octaviana, mengungkapkan bahwa data tersebut diperoleh dari rangkuman pada H-1 Hari Raya Nyepi 2023 yang jatuh pada hari Selasa, 21 Maret 2023.

"Jumlah kendaraan tersebut merupakan akumulasi arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (menuju Merak), GT Ciawi (menuju Puncak), dan GT Cikampek Utama (menuju Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (menuju Bandung)," ungkap Lisye kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 22 Maret 2023.

Lisye juga menjelaskan bahwa total volume lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek naik 28 persen dibandingkan dengan arus lalu lintas normal.

"Dari ketiga arah distribusi lalu lintas yang meninggalkan Jabotabek, mayoritas sebanyak 74.874 kendaraan (45,61 persen) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 48.622 kendaraan (29,6 persen) menuju arah Barat (Merak), dan 40.661 kendaraan (24,77 persen) menuju arah Selatan (Puncak)," jelasnya.

Untuk arah Timur (Trans Jawa & Bandung), lalu lintas yang meninggalkan Jabotabek melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebanyak 35.291 kendaraan, meningkat sebesar 41,8 persen dibandingkan dengan lalin normal.

Sedangkan, lalu lintas yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang mencapai 39.583 kendaraan, meningkat sebesar 46,7 persen dari lalin normal. Total lalu lintas yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 74.874 kendaraan, meningkat sebesar 44 persen dari lalin normal.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak mencapai 48.622 kendaraan, meningkat 4,0 persen dari lalin normal.

Di sisi lain, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak saat libur Nyepi melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi hanya sebanyak 40.661 kendaraan, lebih rendah 36,8 persen dibandingkan dengan lalin normal.

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT