Target di Balik Mantan Kabareskrim Susno Duadji Gabung PKB

Rabu, 22 Maret 2023 12:00 WIB

Share
Susno Duadji kini gabung PKB dan jadi bakal caleg. Foto: Kolase/Ist.
Susno Duadji kini gabung PKB dan jadi bakal caleg. Foto: Kolase/Ist.

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Mantan Kabareskrim Polri, Komjen Pol (Purn) Susno Duadji akhirnya kini berlabuh ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Bergabungnya Susno Duadji bukan tanpa alasan, karena dia juga punya target akan serius maju menjadi bakal caleg dari PKB.

Sedianya Susno Duadji akan menjadi bakal caleg PKB untuk daerah pemilihan Sumatera Selatan.

Kepastian ini setidaknya terlihat usai Susno Duadji mengikuti serangkaian Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) bakal caleg yang digelar di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh No. 9, Jakarta Pusat, Selasa kemarin, 21 Maret 2023.

Ia mengaku faktor keluarga yang tak lain adalah Nahdliyyin yang memantapkan langkahnya bergabung dengan PKB.

"Saya itu memang warga Nahdliyin dari orangtua saya. Karena sebelumnya saya polisi jadi tidak boleh berorganisasi. Kenapa saya pilih PKB? Saya pilih PKB karena yang buat (mendirikan) adalah para tokoh-tokoh NU dengan tanda tangan ketua tokoh ilmu pada waktu itu, Gus Dur, kemudian Pak Ma'ruf Amin dan beberapa tokoh lainnya," kata Susno. 

Susno menambahkan, PKB adalah milik NU. Karena itu ia masuk menjadi anggota PKB lantaran keluarga besarnya adalah Nahdliyin. "Jadi PKB ini pemiliknya adalah NU. Maka saya masuk ke partai yang memang turun temurun dari orang tua saya," urai Susno.

Saat ditanya mengenai target, Susno menyatakan bahwa dirinya ingin terpilih menjadi Anggota DPR RI. Ia merasa punya tanggungjawab untuk turut serta memperjuangkan masyarakat di Sumatera Selatan.

"Saya tidak ada target bahwa saya harus duduk sebagai anggota DPR RI. Saya punya tanggung jawab untuk menambah perolehan suara PKB di daerah pemilihan saya yang tadinya satu menjadi dua dan yang belum ada menjadi ada wakil. Siapapun yang jadi terserah, tak perlu harus saya," tegas Susno.

Dalam kesempatan itu, Susno Duadji secara langsung diuji oleh penguji eksternal bakal caleg, yaitu mantan Ketua KPU RI Arief Budiman dan Wasekjen DPP PKB sekaligus Anggota DPR RI Daniel Johan. Arief mengaku senang dilibatkan PKB dalam proses UKK tersebut.

Halaman
Reporter: Rizal Siregar
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar