ADVERTISEMENT

Antisipasi Kerusakan Karena Bencana, Perusahaan Air Minum Milik Pemkab Bogor Bentuk TRC

Rabu, 22 Maret 2023 07:01 WIB

Share
Perusahaan air minum Pemkab Bogor.(ist)
Perusahaan air minum Pemkab Bogor.(ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Guna mengantisipasi gangguan instalasi dan kerusakan pompa air karena bencana banjir beserta penurunan debit, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Kahuripan bentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) yang siaga 24 jam.

"Perumda Air Minum Tirta Kahuripan telah membentuk TRC yang siaga 24 jam apabila terjadi gangguan dan didukung 11 unit armada tangki air berkapasitas 4.000 liter diseluruh wilayah Kabupaten Bogor," ujar Direktur Umum Perumda Air Minum Tirta Kahuripan, Abdul Somad, Rabu (22/3/2023).

Selain menyiagakan TRC, kata Abdul Somad, pihaknya pun melakukan antisipasi gangguan pada bagian instalasi air dengan cara memaksimalkan daya tampung penyimpanan. 

"Baik karena faktor alam seperti banjir dan penurunan debit sungai ataupun faktor non alam seperti cemaran limbah dan kerusakan pompa air, sebagai langkah antisipasi adalah memaksimalkan daya tampung bak penyimpanan air (reservoir) agar pengaliran air bersih tetap terjaga hingga keadaan normal kembali," terangnya. 

Lebih lanjut, Perusahaan air minum milik Kabupaten Bogor ini pun jug menggelar rapat koordinasi divisi operasional dalam rangka antisipasi pelayanan air bersih menjelang bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah. 

"Perubahan pola pemakaian air pada saat jam puncak dan strategi untuk menjaga pasokan air bersih hingga antisipasi gangguan pengaliran turut dibahas dalam rapat tersebut," paparnya.

Abdul Somad menjelaskan, selama Ramadhan terjadi perubahan pola jam puncak pemakaian air yang bergeser pada saat sahur dan buka puasa hingga tarawih. 

Turut dibahas pula strategi dan antisipasi apabila ada gangguan mulai dari Instalasi Pengolahan Air hingga kebocoran pipa air bersih untuk pelanggan.

“Perubahan jam puncak pemakaian air pelanggan yang biasanya pada pagi hari dari pukul 04.00 – pukul 08.00 berubah menjadi pukul 02.00 – pukul 07.00 dan pada sore hari yang semula pukul 17.00 – pukul 20.00 berubah menjadi pukul 15.00 – pukul 20.00, untuk mengantisipasi hal tersebut petugas instalasi dan distribusi telah mengatur dan lebih siaga menjaga pasokan air di jam puncak tersebut” urai Abdul Somad. 

Masih dalam rangka HUT Perumda Air Minum Tirta Kahuripan ke 42 dan Hari Air Sedunia, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan kembali mengadakan program diskon dan CSR berupa program diskon 50 persen atau pemutihan biaya penyambungan kembali untuk pelanggan status putus.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Panca Aji
Editor: Idham Kurniawan
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT