ADVERTISEMENT

Persiapan Haji Tahun Ini, Kemenag Sudah Sewa 111 Hotel di Kota Makkah

Selasa, 21 Maret 2023 21:23 WIB

Share
Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid saat menjelaskan persiapan haji tahun ini. (johara)
Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid saat menjelaskan persiapan haji tahun ini. (johara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID –  Pada 24 Mei 2023, jamaah haji Indonesia akan berangkat ke Tanah Suci, Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan  sampai kini persiapannya di Arab Saudi sudah mencapai 80%.

"Kami terus melakukan persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M, baik di Tanah Air maupun Tanah Suci," tambah Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid di Jakarta, Selasa (22/3/2023).

"Alhamdulillah untuk penyewaan hotel di Kota Makkah kita membutuhkan 111 hotel sudah térpenuhi, kita membutuhkan 50 ribu kamar dan setiap kamar akan diisi empat sampai lima jemaah," tutur Subhan.

Untuk penginapan jemaah haji di Madinah, lanjut Subhan, kita membutuhkan lebih dari 100 hotel dan kini masih dalam proses blocking time.

Ia mengutarakan ada empat layanan yang akan diberikan kepada jemaah haji Indonesia selama di Arab Saudi. Keempat layanan itu mencakup akomodasi, transportasi, katering, dan layanan masya’ir (Arafah-Muzdalifah-Mina).

Layanan transportasi mencakup bus antar kota perhajian (Madinah – Makkah dan Makkah – Madinah), bus dari bandara ke hotel di Madinah dan Makkah, serta bus shalawat yang akan beroperasi 24 jam mengantar jemaah dari hotel ke Masjidil Haram dan sebaliknya.

Untuk layanan akomodasi, Kementerian Agama telah menyiapkan hotel bagi jemaah di Makkah dan Madinah. 

"Untuk penyiapan layanan transportasi dan akomodasi bagi jemaah haji Indonesia di Arab Saudi, sudah selesai semua,” tegas Subhan.

“Untuk layanan konsusmi dan Masyair, masih dalam proses penyiapan dan finalisasi. Insya Allah selesai di bulan Ramadan,” tambahnya.

Subhan Cholid mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 111 hotel untuk jemaah haji Indonesia selama berada di Makkah. Sistem sewa yang digunakan adalah full musim. Sementara di Madinah, ada sekitar 100 hotel yang disiapkan dengan tiga skema, yaitu sewa satu musim, sewa semi musim, dan bloking time. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Agus Johara
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT