Pernah Jadi Tukang Ojek, Anak Babinsa Berhasil Jadi Ketua DPRD Kabupaten Bogor 

Selasa, 21 Maret 2023 12:23 WIB

Share
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto (ist)
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto (ist)

Ayahnya harus menanggung biaya untuk kuliah Rudy dan pendidikan adiknya, yang saat itu masuk jenjang SMP. Tak hanya itu, masih ada cicilan kredit rumah dan sepeda motor.

Untuk membantu beban keuangan keluarganya yang cukup berat, Rudy mencoba berbagai macam cara. Selain meraih beberapa beasiswa prestasi dari kampus, dia juga menjalani profesi sebagai tukang ojek.

Dia sering mangkal di pangkalan ojek Tugu Kartasura pada malam hari usai kuliah. Pekerjaan sampingan ini menghasilkan Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000 per hari untuk menambah uang jajan.

Singkat cerita, didikan kemiliteran dan kerasnya dunia melatih Rudy untuk terus bekerja keras dan pantang menyerah. 

Hingga pada akhirnya pada tahun 2008, Rudy bertemu dengan Jenderal Kopassus Prabowo Subianto dan Rudy menerima tawaran bekerja di perusahaan milik Prabowo.

Saat pertama bekerja dengan Prabowo Subianto, Rudy belum tertarik masuk ke kancah politik praktis. Dia ingin fokus membangun karier profesional dulu.

Begitu pun saat partai Gerindra berdiri pada tahun 2008, Rudy masih belum tertarik menempati jabatan struktural. Meski begitu, dia bekerja di belakang layar untuk tim pemenangan Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009 dan 2014.

Setelah bergelut di dunia profesional perusahaan dirasa cukup lama, Rudy memutuskan terjun ke dunia politik praktis pada 2019.

Rudy mencalonkan diri sebagai calon legislator di Kabupaten Bogor melaluo Partai Gerindra, dan dia pun terpilih menjadi wakil rakyat.

Hingga pada akhirnya, Rudy diusung oleh DPP Partai Gerindra diusung menjadi Ketua DPRD, dan terpilih menduduki posisi tersebut dengan masa jabatan 2019-2023. (Panca Aji)

Halaman
Reporter: Panca Aji
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar