Obrolan warteg : Cek, Anies Bawa Apa?

Sabtu, 18 Maret 2023 06:59 WIB

Share

Hingga kini, kandidat capres yang sudah memiliki tiket menuju pilpres 2024, baru Anies Baswedan.  Mantan Gubernur DKI Jakarta ini, sudah didukung 3 parpol yang bergabung ke dalam Koalisi Perubahan(Nasdem, PKS dan Demokrat), dengan total kursi di DPR sebanyak 163.

Artinya telah memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden (Presidential Threshold), yang ditetapkan sebanyak 115 kursi di DPR-RI. Berarti Anies sudah menyandang status sebagai bakal calon presiden 2024.

Berubah status menjadi capres setelah didaftarkan oleh parpol pengusungnya ke KPU dan secara resmi KPU yang akan menetapkan status capres tersebut.

“Apa kandidat lainnya belum bisa disebut bakal capres?” tanya Heri mengawali  obrolan warteg bersama sohibnya, mas Bro dan Yudi.

“Tokoh yang masuk bursa capres banyak, lebih dari 10, tetapi baru dicapreskan oleh parpolnya. Ada juga tokoh eksternal yang dicalonkan oleh parpol. Hanya saja parpol tersebut tidak memiliki tiket karena jumlah kursi di DPR tidak memenuhi syarat untuk mengajukan capres,” kata Yudi.

“Hanya satu parpol yang bisa mengajukan sendiri capresnya, tanpa perlu tambahan kursi dari parpol lain, yakni PDIP,” tambah mas Bro.

Namun,  seperti diketahui, hingga kini PDIP belum menetapkan kadernya sebagai capres. Begitu juga partai yang sudah membentuk koalisi seperti KIB, Gerindra – PKB, belum memutuskan capresnya. Baru Anies yang sudah disiapkan untuk berlaga menuju Istana.

“Lantas bekal apa yang dibawa Anies untuk menuju Istana?” tanya Heri.

“Katanya hanya bawa tiga hal. Satu, gagasan, dua, rekam jejak, dan tiga, bukti yang sudah dikerjakan” kata mas Bro.

“Masyarakat diminta menilai bagaimana rekam jejaknya selama ini. Juga bukti- bukti yang telah dikerjakan Anies baik semasa menjabat sebagai Mendikbud maupun Gubernur DKI,” kata Yudi.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar