ADVERTISEMENT

Doa Qunut Lengkap dalam Sholat Subuh

Jumat, 17 Maret 2023 06:40 WIB

Share
Doa Qunut lengkap dalam sholat Subuh bisa dibaca di sini. Foto: Ist
Doa Qunut lengkap dalam sholat Subuh bisa dibaca di sini. Foto: Ist

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Banyak umat Muslim masih bingung bagaimana baca doa Qunut lengkap saat sholat Subuh. Bahkan, pemahaman tentang doa qunut ini masih menimbulkan perdebatan di kalangan umat Islam. 

Berikut adalah penjelasan tentang hukum membaca doa qunut lengkap saat sholat Subuh dan cara membacanya dengan benar dalam Islam.

Apa itu Doa Qunut?

Doa qunut adalah doa yang dibaca saat sholat, terutama saat sholat Subuh dan sholat Witir di bulan Ramadhan. Membaca doa qunut saat sholat adalah sunnah, dan jika dilakukan, akan mendatangkan keberkahan, perlindungan, dan ampunan dari Allah SWT.

Secara bahasa, qunut memiliki beberapa arti, seperti berdiri, tunduk, taat, diam, dan doa. Beberapa ayat dalam Al Quran dan hadis menjelaskan makna "qunut" dalam bahasa Arab menurut istilahnya.

Dalam kitab Lisanul Arab karya Ibnu Mandzur, kata "qunut" berasal dari kata Qonata 'قنت". Sedangkan, kata "Qunut" sendiri berarti Al-imsaaku anil kalaam "الامساك عن الكلام" artinya diam dari perkataan atau ad-Du'aa fi Sholaati "الدعاء في الصلاة" artinya berdoa ketika sholat. Qunut dalam Istilah Al-khusyuu wal aqraaru bil ubudiyah, wal qiyaamu bithoo'ati lati laysa laha ma'shiyatun "الخشوع والاقرار باالعبودية, و القيام باالطاعة التي ليس لها معصية" artinya qunut dalam istilah adalah suatu keadaan sambil mengucapkan doa ketika beribadah dan berdiri dengan ketaatan tapi bukan untuk maksiat.

Maka, doa qunut adalah doa yang dilakukan sambil berdiri dengan khusyuk dalam keadaan diam ketika sholat seperti sholat subuh dan witir ketika ramadan.

1. "Qunut" berarti taat

"Hanya milik Allah segala yang ada di langit dan di bumi, semuanya kunut (tunduk) kepada Allah." (QS. Al-Baqarah: 116).

2. "Qunut" berarti ibadah sholat

"Hai Maryam, lakukanlah kunut (shalatlah), sujudlah, dan rukuklah bersama orang-orang yang rukuk." (QS. Ali Imran: 43)

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT