Sejarah Stadion Sriwedari dari Lokasi PON I Hingga Venue Latihan Piala Dunia U-20

Rabu, 15 Maret 2023 21:10 WIB

Share
Stadion tertua di Indonesia, Stadion Sriwedari, Solo (Foto: direktori pariwisata)
Stadion tertua di Indonesia, Stadion Sriwedari, Solo (Foto: direktori pariwisata)

JATENG, POSKOTA.CO.ID - Selain Stadion Manahan Solo yang akan jadi tempat lokasi partai Final Piala Dunia U-20, kota ini juga memiliki Stadion Sriwedari yang sarat akan sejarah.

Pekan Olahraga Nasional (PON) I menjadi bagian dari sejarah Stadion Sriwedari yang kini menjadi venue latihan Piala Dunia U-20 2023 nanti.

Berikut ini sejarah Stadion Sriwedari mulai dari jadi lokasi PON I hingga kini jadi venue latihan Piala Dunia U-20 2023.

Sejarah Stadion Sriwedari

Stadion Sriwedari merupakan stadion tertua dalam sejarah Indonesia yang pernah jadi tempat berlangsungnya PON 1 pada 9 September 1948. Kini tempat tersebut termasuk sebagai cagar budaya dan menjadi monumen PON I.

Dilansir dari halaman Direktori Pariwisata, sejarah Stadion Sriwedari bermula pada tahun 1932. Saat itu Sri Susuhunan Pakubuwana X dari Keraton Surakarta berinisiatif untuk membangun sebuah stadion untuk kegiatan olahraga kerabat Karaton dan kalangan pribumi. 

 

Ini merupakan stadion pertama yang dibangun bangsa Indonesia, sementara stadion lain saat itu dibangun Belanda. Atlet sepak bola pribumi saat itu hanya boleh bermain di alun-alun kidul, tanpa alas kaki.

K.R.M.T Wongsanegoro mengusulkan kepada Raja Surakarta untuk membangun stadion khusus atlet bumi putera usai melihat ketidakadilan tersebut. Kemudian PB X langsung menyetujui dan menunjuk lokasi kebun suwung, Kelurahan Sriwedari untuk dibangun. 

Pembangunan Stadion Sriwedari menghabiskan biaya 30.000 gulden dengan dipercayakan pada Mr. Zeylman dan Raden Ngabehi Tjondrodiprodjo.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar