Doa Salat Witir dan Niat 1-3 Rakaat, Hafalkan Sebelum Bulan Ramadan

Senin, 13 Maret 2023 19:48 WIB

Share
Sholat Tarawih berjamaah digelar di Masjid Fatahillah Balaikota DKI dengan Prokes Covid-19.  (Poskota/Deny)
Sholat Tarawih berjamaah digelar di Masjid Fatahillah Balaikota DKI dengan Prokes Covid-19.  (Poskota/Deny)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Salat witir merupakan salat sunnah muakad yang dilakukan setelah salat isya hingga terbit fajar.

Anjuran mengerjakan sholat ini diiriwayatkan dari Ibnu Umar yang menceritakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Jadikanlah akhir sholatmu di malam hari dengan melakukan sholat witir." (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam agama Islam, salat ini dikerjaan dengan rakaat ganjil, mulai dari 1, 3 dan seterusnya.

Kamu bisa menggunakan satu atau dua salam, baik dipisah maupun disambung antar rakaatnya.

Berikut Poskota telah merangkum doa salat witir lengkap dengan niatnya, apa saja?

Doa salat witir

أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْاَلُكَ إِيْمَانًا دَاِئمًا وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا وَنَسْأَلُكَ عَمَلًا صَالِحًا وَنَسْأَلُكَ دِيْنًا قَيِّمًا وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الْغِنَى عَنِ النَّاسِ أَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلَاتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخَشُعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا أَللهُ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya: "Ya Allah, kami mohon pada-Mu, iman yang langgeng, hati yang khusyuk, ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar,amal yang saleh, agama yang lurus, kebaikan yang banyak.kami mohon kepada-Muampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, kami mohon kepada-Mu bersyukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesaama manusia. Ya Allah, tuhan kami terimalah dari kami: shalat, puasa, ibadah, kekhusyu'an, rendah diri dan ibadaha kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya allah, Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad SAW, demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semestra alam.”

Niat salat witir

Berbeda dengan salat wajib, niat salat witir diucapkan sesuai dengan jumlah rakaat salanya,

Jadi, pastikann kamu membacanya ya.

Niat salat witir 1 rakaat sebagai imam

Usholli sunnatan minal witri rak’atan mustaqbilal qiblati imaman lillahi ta’ala.

Halaman

Komentar ditutup untuk berita ini.