ADVERTISEMENT

Pemkab Tangerang Normalisasi Embung Curug untuk Atasi Banjir

Kamis, 9 Maret 2023 11:56 WIB

Share
Pengerukan embung danau di perumahan Aryana Kelurahan Suka Bakti kecamatan Curug. (Foto/ist)
Pengerukan embung danau di perumahan Aryana Kelurahan Suka Bakti kecamatan Curug. (Foto/ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG,  POSKOTA.CO.ID – UPTD Sumber Daya Air (SDA) Wilayah I pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang melakukan normalisasi embung danau di perumahan Aryana Kelurahan Suka Bakti kecamatan Curug untuk atasi banjir.

Danau tersebut mengalami pendangkalan atau sedimentasi dan ditumbuhi rumput liar sehingga menghambat aliran air.

Embung danau yang berada di perumahan Aryana berfungsi untuk menampung air sementara yang berasal dari saluran pembuangan irigasi dan pembuangan air dari drainase perumahan, jika pengerukan ini tidak dilakukan akan menyebabkan banjir di wilayah tersebut.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang sebelumnya mewajibkan pihak pengembang perumahan agar membuat embung atau tandon, karena air yang dibuang dari drainase perumahan membutuhkan tempat penampungan sebelum musim penghujan dan bisa dikontrol.

“Dampak Danau untuk lingkungan sangat bermanfaat sekali, karena Danau tersebut sudah mengalami pendangkalan atau sedimentasi lumpurnya pun sudah terlalu banyak makan jika tidak dilakukan normalisasi otomatis akan berdampak genangan atau banjir diwilayah tersebut,” ujar Kepala UPTD SDA Wilayah I Amril Hasan, Kamis (9/3/200/3).

Kepala UPTD SDA berharap normalisasi yang dilakukan tersebut tidak lagi menghambat air yang mengalir dan dapat menampung air lebih banyak lagi agar bisa dimanfaatkan atau dikelola menjadi air minum.

“Dengan giat normalisasi tersebut semoga danau yg sudah mengalami sedimentasi lumpurnya tidak menghambat aliran air yg mengalir dari saluran perumahan dan juga dapat menampung air lebih banyak lagi agar bisa dimanfaatkan untuk air minum bila airnya memungkinkan untuk diolah menjadi air minum,” ungkapnya.

Danau yang berada di wilayah I UPT SDA meliputi danau atau situ kelapa dua dan cihuni, lokasi yang sudah di normalisasi berada di perumahan Sari Bumi kelurahan Binong dan perumahan Aryana kelurahan Suka Bakti. 

Sementara pengerukan lumpur di danau perumahan Aryana kurang lebih sudah 4 hari pengerjaan dan disaluran ke anak kali sabi perumahan Sari Bumi.(Veronica Prasetio)

ADVERTISEMENT

Reporter: Veronica Prasetio
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT