JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Strategi marketing Gojek sebenarnya bisa ditiru oleh banyak pemilik bisnis online.
Sebab strategi marketing Gojek seakan dibuat dengan sangat matang, sampai akhirnya perusahaan ini berhasil menjadi salah satu platform ride-hailing dan pengiriman online terbesar di Asia Tenggara.
Gojek setidaknya sudah memudahkan jutaan orang dalam melakukan transaksi online, bahkan ketika dalam situasi pandemi beberapa waktu lalu.
Nah, hal yang bikin penasaran banyak pihak tentu berkaitan dengan bagaimana Gojek bisa mempertahankan pasar dan meningkatkan bisnisnya di masa depan? Salah satu jawabannya adalah melalui strategi marketing yang baik.
Artikel ini akan membahas tentang strategi marketing Gojek yang dapat meningkatkan bisnis online Anda, yang dikutip dari berbagai sumber resmi.
Analisis Pasar Gojek
Sebelum membahas strategi marketing Gojek, kita harus memahami pasar Gojek terlebih dahulu. Kompetisi di pasar ride-hailing dan pengiriman online sangatlah ketat. Gojek bersaing dengan pesaing utamanya seperti Grab, GoSend, Shopee, dan sebagainya. Oleh karena itu, Gojek harus memahami segmentasi pasar dan potensi pasar agar dapat bersaing secara efektif.
Segmentasi Pasar
Gojek telah memahami segmentasi pasar dengan baik. Segmen pasar utama Gojek adalah milenial, yang membutuhkan layanan cepat dan efisien. Gojek juga memiliki segmen pasar yang lebih khusus seperti bisnis kecil dan menengah serta konsumen dengan kebutuhan khusus seperti pengiriman makanan dan barang-barang retail.
Potensi Pasar
Potensi pasar untuk Gojek sangatlah besar. Di Indonesia saja, pengguna internet telah mencapai angka 196 juta, dan semakin banyak orang yang melakukan transaksi online. Selain itu, Gojek juga telah berekspansi ke luar negeri seperti Vietnam, Thailand, Singapura, dan Filipina. Potensi pasar di negara-negara tersebut juga cukup besar.
Strategi Pemasaran Gojek
Setelah memahami pasar Gojek, kini saatnya membahas strategi marketing Gojek. Ada beberapa strategi marketing yang dapat diterapkan oleh Gojek untuk meningkatkan bisnis online mereka.
Branding
Branding adalah strategi marketing pertama yang perlu dilakukan oleh Gojek. Branding yang baik akan membantu membedakan Gojek dengan pesaingnya dan memperkuat brand recognition. Gojek harus memastikan bahwa branding mereka mudah dikenali oleh konsumen dan terkait erat dengan keunggulan bisnis Gojek.
Pemasaran Online
Pemasaran online adalah strategi marketing yang sangat efektif untuk meningkatkan bisnis online. Gojek harus memastikan bahwa mereka memiliki kehadiran yang kuat di platform digital seperti media sosial, SEO, dan SEM.