ADVERTISEMENT

Kapan Malam Nisfu Sya'ban 2023: Doa, Pengertian, Amalan Hingga Keutamaan

Senin, 6 Maret 2023 19:14 WIB

Share
Masjid Raya Syeikh Zayed Al-Nahyan Solo (Foto: twitter/gibran_tweet)
Masjid Raya Syeikh Zayed Al-Nahyan Solo (Foto: twitter/gibran_tweet)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kapan malam Nisfu Sya'ban 2023 dilakukan? Hal itu mungkin banyak dipertanyakan masyarakat di Tanah Air saat ini. 

Anda mungkin ingin tahu, kapan malam Nisfu Syaban 2023? Menurut kalender Hijriyah, malam tersebut jatuh pada tanggal 15 Syaban 1444 H. Bagaimana dengan kalender Masehi?

Berdasarkan Kalender Hijriyah Indonesia Tahun 2023 yang diterbitkan oleh Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) RI, tanggal 1 Syaban 1444 jatuh pada Rabu, 22 Februari 2023.

Jadi, jika dihitung dari tanggal pertama, tanggal 15 Syaban 1444 H atau Nisfu Syaban jatuh pada Rabu, 8 Maret 2023. Artinya, malam Nisfu Syaban 2023 jatuh pada hari sebelumnya, yaitu Selasa, 7 Maret 2023.

Pengertian Nisfu Sya'ban dan Dalilnya

Nisfu Sya'ban atau malam tengah bulan Sya'ban adalah salah satu malam yang istimewa dalam agama Islam. Malam ini dianggap sebagai malam yang penuh berkah dan ampunan dari Allah SWT, sehingga umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak amalan ibadah pada malam tersebut.

Terdapat beberapa dalil yang menguatkan keutamaan malam Nisfu Sya'ban, di antaranya adalah hadis riwayat Abu Musa al-Asy'ari RA, yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Allah SWT melihat pada malam Nisfu Sya'ban kepada makhluk-Nya, maka Dia memberikan ampunan kepada seluruh makhluk-Nya kecuali dua golongan, yaitu orang yang musyrik dan orang yang bermusuh-musuhan."

Selain itu, terdapat pula hadis riwayat Abdullah bin Amr RA, yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Allah SWT menoleh kepada makhluk-Nya pada malam Nisfu Sya'ban dan Dia memberikan ampunan kepada seluruh makhluk-Nya kecuali orang yang mempunyai permusuhan atau orang yang berpemikiran sesat."

Dari kedua hadis tersebut, dapat disimpulkan bahwa Allah SWT memberikan ampunan dan rahmat pada malam Nisfu Sya'ban kepada seluruh makhluk-Nya kecuali orang yang musyrik, bermusuh-musuhan, atau berpemikiran sesat. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT