ADVERTISEMENT

9 Tips Aman dan Nyaman Mengemudi Kendaraan Jarak Jauh Saat Mudik Jelang Puasa dan Lebaran

Senin, 6 Maret 2023 09:06 WIB

Share
9 tips mengemudia aman dan nyaman jarak jauh di saat mudik.(ist)
9 tips mengemudia aman dan nyaman jarak jauh di saat mudik.(ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Momen libur ramadhan dan lebaran biasanya dimanfaatkan untuk mudik atau pulang kampung bagi mereka yang tinggal di ibu kota atau kota-kota besar lainnya. 

Liburan yang memang lumrah dilakukan untuk menyambut puasa atau merayakan idul fitri di kampung halaman sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia.

Bagi mereka yang mudik mengunakan kendaraan umum, tak perlu khawatir selama perjalanan. Sebab, sudah ada sopir bus yang akan mengantar hingga sampai ke tujuan.

Tapi bagi mereka yang hendak bepergian untuk berlibur di kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi, tentu banyak yang perlu dipersiapkan. Mulai kebutuhan pribadi dan keluarga, hingga yang paling utama kendaraan yang akan dipakai sekeluarga.

Setelah semua siap, yang paling utama bagi pengemudi kendaraan keluarga adalah menyiapkan tubuh yang fit, kondisi sehat agar  bisa fokus dan konsentrasi ketika  mengemudi. 

Sebab, setiap tubuh manusia memiliki keterbatasan kemampuan dan waktu maksimal dalam mengemudi kendaraan. Di luar jam istirahat, disarankan mengemudia maksimal delapan jam. 

Diupayakan juga setiap 2 jam pertama menyetir usahakan berhenti dulu istirahat selama 30 menit, lalu jalan lagi dua jam dan beristirahat lagi, begitu terus sampai sudah maksimal 8 jam. 

Seorang pengemudi nekat memaksakan diri mengemudi lebih dari delapan jam dalam sehari, dikhawatirkan tingkat kelelahan jauh meningkat. Ditambah lagi dengan tingkat konsentrasi yang terus menurun. Tentu saja kondisi ini sangat berbahaya, karena bisa jadi pemicu kecelakaan lalu lintas. 

Beberapa tips ini perlu diperhatikan agar kondisi tubuh tetap stabil, kesehatan terjaga, pandangan tetap fokus dan bisa jaga jarak aman dengan kendaraan di depannya. 

Pertama, lakukan peregangan otot sebelum perjalanan. Sebab, duduk di kursi selama berjam-jam dapat menyebabkan otot-otot kaku. Lakukan peregangan tangan, jari, kaki, leher, punggung serta yang lain selama kurang lebih 5 menit supaya otot-otot lemas. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT