JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Jakarta Experience Board (JXB) mengadakan Partnership Gathering bentuk apresiasi kepada para kolaborator sekaligus memperkenalkan program dan kegiatan tahun 2023.
Acara yang diselenggarakan di Bale Nusa, Jakarta, pada Selasa 28 Februari 2023 itu turut dihadiri oleh BP BUMD DKI dan Disparekraf DKI Jakarta serta pimpinan perusahaan baik dari sektor BUMN, BUMD dan swasta.
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata mengungkapkan, dengan adanya kolaborasi antar stakeholder baik pelaku pariwisata dan pelaku industri kreatif, terlebih lagi dengan mengaplikasikan kolaborasi model Pentahelix dapat menstimulus kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya.
“Semoga dengan terselenggaranya kegiatan Partnership Gathering 2023 dapat menjadi kegiatan rutin jejaring pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi seluruh stakeholder. Dengan semangat kolaborasi mewujudkan kota Jakarta yang Sukses untuk kemajuan Indonesia," kata Andhika.
Sementara, Direktur Utama JXB Novita Dewi mengapresiasi kehadiran para pimpinan perusahaan dalam acara partnership gathering ini. Dalam sambutan, Novita menyampaikan rencana perusahaan di masa depan.
“Kami mengambil peran dalam menciptakan ekosistem industri pariwisata di Jakarta. Di tahun 2023 ini, kami giat melakukan berbagai pembangunan dan pengembangan infrastruktur pariwisata,” jelas Novita dalam kesempatan yang sama.
Sejak 2020, Novita mengungkapkan, JXB telah melakukan kolaborasi dengan lebih dari 300 kolaborator. Kolaborasi yang terjalin sangat beragam, yaitu mural, pertunjukan musik maupun bazaar. Dalam partnership gathering hari ini, JXB juga memperlihatkan program prioritas yang tahun ini akan diluncurkan, yaitu Creative zone dan Jakarta Street Experience.
Creative zone sendiri adalah sebuah ruang interaksi masyarakat yang dilengkapi dengan beragam fasilitas untuk menunjang kebutuhan pariwisata dan ekonomi serta berbagai aktivitas kreatif di ruang publik. Berlokasi di jantung kota Jakarta, Creative zone dapat menjadi titik temu hingga ikon baru pariwisata kota.
Saat ini JXB memiliki dua bentuk creative zone yaitu Riverview dan Buy Local!. Kolaborasi yang ditawarkan pada program ini adalah naming rights.
Secara eksklusif, JXB memberikan kesempatan bagi brand untuk menempatkan brandnya di produk tersebut. Kolaborasi naming rights ini juga termasuk dengan benefit lainnya seperti LED Videotron, ruang untuk aktivasi dan event, amplifikasi media dan lainnya.
Kemudian, Novita menegaskan, program prioritas selanjutnya adalah Jakarta Street Experience (JSX), yang dapat menjadi media luar ruang dengan fitur AR yang dapat digunakan untuk mempromosikan brand maupun campaign secara interaktif.