ADVERTISEMENT

Selaras Dengan Pemerintah, UMB Gencar Lakukan Pelatihan UMKM Agar Ekonomi Indonesia Maju

Selasa, 28 Februari 2023 13:33 WIB

Share
Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Mercu Buama Gencar Lakukan Pelatihan UMKM.(Ist)
Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Mercu Buama Gencar Lakukan Pelatihan UMKM.(Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID –  Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Mercu Buana (UMB) gencar melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada para pelaku UMKM khususnya di wilayah Jakarta Barat. 

Hal tersebut dilalakukan karena selaras dengan cita-cita pemerintah yang berkeinginan untuk memajukan UMKM dan ekonomi Indonesia hingga naik kelas hingga internasional.

"Kali ini, kami memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada pelaku UMKM di lingkungan kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat. Kami berharap, peran UMKM terus menjadi jatung dalam memajukan perekonomian Indonesia," ujar perwakilan UMB, Deden Tarmidi di Jakarta, Senin (26/2/2023).

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah dosen UMB juga menyampaikan materi menarik di hadapan para pelaku UMKM yang disaksikan Sekretaris Kelurahan Kembangan Utara, H. Indra Gunawan.

Adapun materi sosialiasi dan pelatihan yang disampaikan oleh pemakalah terlihat sangatlah tepat dan punya kaitan langsung dengan situasi dan kondisi saat ini (bulan pelaporan pajak / SPT) dan juga berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat luas, khususnya para pelaku usaha Perorangan maupun UMKM.

Feber Sormin yang merupakan dosen UMB memberikan sosialisasi pelatihan tentang pencatatan dan pembukuan perhitungan penghasilan neto WP UMKM secara sederhana untuk bisnis oleh UMKM.  

Sementara dosen lainnya, Edy Suroso memberikan pemahaman tentang perizinan berusaha berbasis risiko melalui Sistem Online Single Submission (OSS) yang merupakan pelaksanaan dari UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, serta Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) dalam upaya membangun kesadaran kolektif dan menumbuhkan semangat jiwa kewirausahaan, memahami pentingnya legalitas (legal formal) perizinan badan usaha, kepastian hukum, dan sarana pemberdayaan pelaku UMKM untuk mendapatkan akses modal dari perbankan, dan berbagai kemudahan lainnya dari pemerintah.

Pemaparan lain juga diberikan dosen UMB lainnya, seperti Hendri Manalu dan Jemmi Sutiono. Hendri Manalu menyampaikan perihal pengisian eSPT dan langkah memanfaatkan tarif 0,5%. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan menghindari salah hitung pajak, serta meningkatkan pemahaman manfaat fasilitas perpajakan untuk pengembangan usaha UMKM. 

Sedangkan Jemmi Sutiono menjelaskan, bagimana manfaat fasilitas perpajakan untuk pengembangan UMKM, serta bagaimana langkah-langkah untuk mendapatkan fasilitas perpajakan yang diberikan pemerintah, khususnya selama masa periode Pandemi Covid-19, dan pasca pandemi berlalu. 

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Kelurahan Kembangan Utara H. Indra Gunawan, menyambut baik kegiatan tersebut. Dia menyatakan sangat mendukung program pemberdayaan yang dilakukan oleh Universitas Mercu Buana kepada warganya yang berusaha pada sektor UMKM. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT