ADVERTISEMENT

Perkuat Pelayanan Binaan, Pemprov DKI dan Kumham Jakarta Lakukan Kerja Sama

Selasa, 28 Februari 2023 09:33 WIB

Share
Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kumham) DKI Jakarta dalam memenuhi pelayanan dan hak Warga Binaan Pemasyarakatan.(Ist)
Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kumham) DKI Jakarta dalam memenuhi pelayanan dan hak Warga Binaan Pemasyarakatan.(Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,   POSKOTA.CO.ID –  Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama jajarannya mengunjungi Kantor Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas II A dan Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu Jakarta Timur, pada Senin (27/2/2023).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Pemprov DKI Jakarta yang bekerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kumham) DKI Jakarta dalam rangka memenuhi pelayanan dan hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sebagai warga DKI Jakarta. 

Dalam kesempatan ini, juga disepakati nota kesepakatan antara Kanwil Kumham DKI Jakarta dan Pemprov DKI Jakarta dengan disaksikan langsung oleh Pj Gubernur Heru. Kesepakatan kerja sama ini dilakukan secara simbolis melalui penandatanganan kerja sama oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertrans), serta Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM).

Pj Heru mengatakan kerja sama ini adalah bentuk kepedulian Pemprov DKI Jakarta dalam mengayomi masyarakat dari berbagai kalangan, khususnya mereka yang menjadi WBP. 

"Kami bersama jajaran mengunjungi LPP dan Rutan Pondok Bambu ini untuk memberikan perhatian dan memastikan hak (penghuni di sana) agar terpenuhi oleh negara. Seperti hak data kependudukan, kesehatan, dan jaminan kesejahteraan mereka nantinya (saat lepas dari tahanan)," ujar Pj Heru, Senin (27/2/2023).

Kerja sama ini diharapkan bisa memberikan kesempatan bagi WBP untuk meningkatkan keterampilan serta bisa mendapatkan penghasilan tambahan selama masa pembinaan. Selain itu ke depannya setelah masa tahanan usai, diharapkan para WBP mempunyai bekal yang memadai untuk dapat bekerja sesuai kemampuan yang dimiliki. 

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun menjelaskan upaya kerja sama tersebut sebagai bentuk tindak lanjut dari pembahasan yang telah dilakukan saat audiensi bersama Pj Heru di Balai Kota beberapa waktu lalu. 

"Kerja sama ini sebagai bentuk dukungan penyelenggaraan pelayanan publik bagi WBP di  DKI Jakarta. Pelayanan administrasi kependudukan oleh Dinas Dukcapil, menyelenggarakan sosialisasi pelayanan kesehatan bagi Warga Binaan oleh Dinas Kesehatan, serta pendampingan pelatihan keterampilan dan kewirausahaan oleh Dinas PPKUKM menjadi bukti komitmen Kanwil Kumham DKI Jakarta untuk meningkatkan kualitas Warga Binaan selama berada di Lapas dan Rutan wilayah DKI Jakarta," ujar Kepala Kanwil Kumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun. 

Setelah menyaksikan penandatanganan, Pj Heru meninjau area pameran karya WBP Binaan dan hunian Lapas Perempuan di Paviliun Dara, dan memberikan bantuan kepada 6 WBP Lapas Perempuan berupa alat masak.

Setelah itu, Pj Heru melanjutkan kunjungannya ke Rutan Kelas I Pondok Bambu dan meninjau area cek kesehatan dan papsmear yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan. Secara simbolis, ia menyerahkan KTP dan bantuan kepada 3 WBP Rutan Pondok Bambu. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT