ADVERTISEMENT

Cek Jadwal Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 49, Ini Jumlah Dana Siap Diterima

Selasa, 28 Februari 2023 20:23 WIB

Share
Kartu Prakerja gelombang 49 siap dibuka. Foto: Ist
Kartu Prakerja gelombang 49 siap dibuka. Foto: Ist

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Cek jadwal Kartu Prakerja gelombang 49 dibuka secara berkala. Sebab gelombang terbaru bakal digelar dalam waktu dekat, mengingat program Kartu Prakerja gelombang 48 sudah disampaikan pada 25 Februari 2023 lalu.

Setidaknya ada 10.000 peserta yang terserap dalam program gelombang 48. Mereka yang lolos pada tahap seleksi akan mendapat pelatihan.

Sekadar diketahui, Kartu Prakerja adalah program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk memberikan bantuan biaya pelatihan kepada masyarakat Indonesia agar dapat meningkatkan keterampilan dan daya saing di dunia kerja. Program ini dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dengan kerja sama mitra pelatihan dari berbagai sektor industri.

Lalu cek jadwal Kartu Prakerja gelombang 49 dibuka di mana, dan kapan akan dimulai? Simak selengkapnya di artikel ini.

Manfaat Kartu Prakerja

Melalui program Kartu Prakerja, peserta akan mendapatkan bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3.550.000,- yang dapat digunakan untuk mengikuti pelatihan di mitra pelatihan yang telah terdaftar. Selain itu, peserta juga akan mendapatkan insentif sebesar Rp1.000.000,- setelah menyelesaikan pelatihan.

Program Kartu Prakerja juga membantu peserta untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi di bidang yang diinginkan sehingga dapat memperoleh pekerjaan yang lebih baik atau memulai usaha sendiri.

Syarat dan Ketentuan Mendaftar Kartu Prakerja

Untuk mendaftar Kartu Prakerja, calon peserta harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Beberapa syarat dan ketentuan tersebut antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia dengan usia minimal 18 tahun
  2. Belum memiliki pekerjaan tetap atau bekerja sebagai pekerja lepas atau wiraswasta
  3. Memiliki nomor induk kependudukan (NIK)
  4. Memiliki akses internet dan smartphone
  5. Calon peserta juga diwajibkan untuk mengikuti proses seleksi yang meliputi tes motivasi dan tes kompetensi yang dilakukan secara online.

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 49

Lantas kapan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 49 dibuka? Jika mengacu pada ketentuan tahun sebelumnya, pembukaan gelombang lanjutan akan digelar pada 3 sampai 15 hari usai pengumuman lolos seleksi Kartu Prakerja.

Artinya, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 49 baru akan dibuka kembali antara tanggal 1 – 12 Maret 2023.

Calon peserta dapat mendaftar melalui website resmi Kartu Prakerja di prakerja.go.id atau melalui aplikasi Kartu Prakerja yang dapat diunduh di smartphone.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT