ADVERTISEMENT

KUR BRI 2023 Dibuka Maret, Syarat Baru Wajib Punya BPJS Ketenagakerjaan

Minggu, 26 Februari 2023 11:35 WIB

Share
Ilustrasi uang rupiah. (Karikaturis: Poskota/Suroso Imam Utomo)
Ilustrasi uang rupiah. (Karikaturis: Poskota/Suroso Imam Utomo)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - KUR BRI 2023 menurut rencana akan dibuka bulan depan atau Maret. Namun bagi kalian yang hendak mengajukan pinjaman untuk cicilan di atas Rp 100 juta wajib punya BPJS Ketenagakerjaan.

Ya, itu artinya KUR BRI 2023 dan BPJS Ketenagakerjaan adalah dua hal yang bakal berkaitan erat dengan UMKM dan pekerja di Indonesia.

Sejauh ini Bank Rakyat Indonesia (BRI) bakal alokasikan dana KUR BRI 2023 sebesar Rp 270 triliun. Akan tetapi, untuk tanggal tepat kapan KUR BRI 2023 dibuka, belum disampaikan rinci oleh mereka.

Dirut Bank BRI Sunarso mengatakan, pihaknya optimis penyaluran KUR di 2023 ini sesuai target, berkaca dari kemampuan bank tersebut untuk menyalurkan dana.

"Itu tak terlepas dari kemampuan BRI dalam memproses dan mencairkan KUR dengan rata-rata Rp 1 triliun per hari," kata Sunarso dalam keterangan resminya seperti dikutip, Rabu (8/2/2023) lalu.

Apa itu KUR BRI?

KUR BRI adalah Kredit Usaha Rakyat yang disediakan oleh Bank Rakyat Indonesia untuk mendukung pengembangan UMKM di Indonesia. Tujuannya adalah untuk membantu UMKM memperoleh modal usaha dengan bunga yang rendah dan jangka waktu yang fleksibel. Kebijakan KUR BRI untuk tahun 2023 adalah memperluas jangkauan pelayanan dan meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan.

Manfaat KUR BRI bagi UMKM adalah mendapatkan modal usaha dengan bunga yang rendah, memperluas usaha, meningkatkan produksi, dan meningkatkan daya saing di pasar. Namun, untuk mengambil KUR BRI, ada persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah memiliki BPJS Ketenagakerjaan.

Hubungan antara KUR BRI dan BPJS Ketenagakerjaan

Kebijakan KUR BRI untuk tahun 2023 adalah wajib memiliki BPJS Ketenagakerjaan sebagai salah satu persyaratan untuk mengambil KUR BRI. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk melindungi UMKM dan pekerja dari risiko yang mungkin terjadi selama menjalankan usaha. 

Selain itu, manfaat BPJS Ketenagakerjaan juga dapat membantu penerima KUR BRI dalam hal  perlindungan sosial.

Bagaimana Cara Mendapatkan KUR BRI 2023

Untuk mendapatkan KUR BRI, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti memiliki usaha yang berjalan, memiliki rekening di Bank Rakyat Indonesia, dan memiliki NPWP. Selain itu, sebagai kebijakan baru untuk tahun 2023, calon penerima KUR BRI juga diwajibkan memiliki BPJS Ketenagakerjaan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT