ADVERTISEMENT

Waspada Cuaca Ekstrem Melanda Banten, Ini Sebaran Wilayahnya

Jumat, 24 Februari 2023 09:36 WIB

Share
Ilustrasi Hujan lebat disertai angin kencang. (foto: ist)
Ilustrasi Hujan lebat disertai angin kencang. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SERANG, POSKOTA.CO.ID – Cuaca ekstrem diprediksi mendera wilayah Provinsi Banten selama dua hari. Sebarannya merata di seluruh kabupaten kota.

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Serang, Tarjono mengatakan, monitoring dinamika atmosfer di wilayah Provinsi Banten menunjukan adanya peningkatan curah hujan signifikan. 

Menurutnya, terpantaunya suhu muka laut hangat, kelembapan tinggi, indeks labilitas sedang serta adanya daerah pertemuan angin di sekitar wilayah Banten. 

"Kondisi tersebut dapat memicu peningkatan pertumbuhan awan-awan hujan yang cukup signifikan," katanya, Jumat (24/2/2023).

Ia menerangkan, prediksi peluang curah hujan Dasarian III bulan Februari 2023, menunjukan adanya indikasi potensi curah hujan kategori tinggi di beberapa kabupaten kota di Provinsi Banten.

"Berdasarkan prakiraan berbasis dampak yang berlaku tanggal 24-25 Februari 2023, potensi dampak hujan lebat dengan status siaga perlu diwaspadai," terangnya.

Dampak dari kondisi tersebut perlu diwaspadai meningkatnya potensi bencana hidrometeorologi seperti genangan air, banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang. 

"Potensi tinggi gelombang 1,25 sampai 2,50 meter berpeluang terjadi di Perairan Selatan Banten, Selat Sunda bagian Selatan dan Samudra Hindia Selatan Banten," jelasnya.

Untuk itu, masyarakat dan pihak-pihak terkait diimbau untuk melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan saluran air atau sungai.

Kemudian, jauhi tanah yang labil atau mudah longsor, melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang sudah mulai rapuh, serta selalu waspada terhadap dampak bencana hidrometeorologi. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Tri Haryanti
Contributor: Bilal
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT