ADVERTISEMENT

Ekspor Kijang Innova Zenix Hybrid Buatan RI Diharap Tembus 17 Ribu Unit

Rabu, 22 Februari 2023 05:30 WIB

Share
Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid buatan Indonesia resmi ekspor perdana. Foto: Ist.
Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid buatan Indonesia resmi ekspor perdana. Foto: Ist.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

KARAWANG, POSKOTA.CO ID -  PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mulai ekspor kendaraan listrik lewat Kijang Innova Zenix Hybrid.

Mobil yang dirilis akhir tahun 2022 itu akan diekspor ke sejumlah negara Asia, Afrika, Timur Tengah, hingga Amerika Latin.

Ekspor perdana Kijang Innova Zenix Hybrid tersebut disaksikan langsung oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita; Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji; dan CEO of Asia Region and President of Toyota Motor Asia Pacific Hao Quoc Tien.

Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono mengatakan, di 2023 ini pihaknya menargetkan ekspor Kijang Innova Zenix sebanyak 8.800 unit.

Adapun komposisi ekspor Kijang Innova Zenix Hybrid tersebut yakni 30 persen tipe HEV dan 70 persen tipe internal combustion engine (ICE), ke negara-negara di kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Timur Tengah. 

"Diharapkan, ekspor Innova ini akan terus meningkat dari tahun ke tahun dengan target 17.000 unit di 2025 untuk tipe hybrid dan konvensional," kata Warih di sela seremoni ekspor, Selasa (22/2/2023).

Ekspor Kijang Innova Zenix Hybrid Perkuat Toyota

Ekspor kendaraan bermerek Toyota dari Indonesia dimulai sejak 1987 melalui pengapalan model Kijang Generasi 3 ke Brunei Darussalam. Model Kijang kembali menjadi jangkar ekspor Toyota Indonesia ketika menjadi model pertama dengan peningkatan masif volume ekspor di 2004. 

Berawal dari 100 unit per tahun menjadi 3.000 unit per tahun setelah menjadi bagian dari proyek Global IMV (Innovative International Multipurpose Vehicle) yang dilanjutkan dengan penambahan model-model ekspor baru seperti Avanza dan Fortuner, serta negara tujuan ekspor baru di kawasan Asia dan Timur Tengah.

Model Kijang juga berkontribusi pada dua pencapaian ekspor kendaraan bermerek Toyota di 2022. Pada Februari 2022, volume ekspor kumulatif kendaraan bermerek Toyota sejak 1987 mencapai 2 juta unit yang dirayakan bersama dengan ekspor perdana ke Australia.

Sementara sepanjang Januari hingga Desember 2022, volume ekspor kendaraan bermerek Toyota mencatat angka tahunan tertinggi sepanjang sejarah ekspor Toyota, yaitu 297.000 unit. Hingga tahun 2022, Toyota Indonesia melakukan ekspor ke lebih dari 80 negara di kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin, Oceania, dan Timur Tengah mencakup 4 benua yaitu Asia, Afrika, Amerika, dan Australia yang terdiri dari 9 model Toyota produksi dalam negeri.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT