ADVERTISEMENT

Pemprov DKI dan Kemenhub Bersinergi Percepat Pengembangan LRT, MRT dan Stasiun Tanah Abang

Selasa, 7 Februari 2023 22:07 WIB

Share
Pemprov DKI dan Kemenhub Bersinergi Percepat Pemngembangan LRT, MRT dan Stasiun Tanah Abang.(Ist)
Pemprov DKI dan Kemenhub Bersinergi Percepat Pemngembangan LRT, MRT dan Stasiun Tanah Abang.(Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID –  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siap berisenergi mempercepat pengembangan dua moda transportasi massal, LRT Jakarta dan MRT Jakarta, serta Stasiun Tanah Abang.

Untuk itu, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melakukan rapat koordinasi bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (7/2/2023).

Rapat koordinasi tersebut membahas pengembangan rute LRT Jakarta dari Velodrome ke Manggarai, percepatan pembangunan MRT Jakarta fase 3 dengan rute Kembangan-Medan Satria, dan revitalisasi Stasiun Tanah Abang.

"Kami, bersama pak menteri dan jajarannya sudah membahas tiga hal. Pertama adalah LRT dengan rute Kelapa Gading ke Manggarai. Beliau mem- backup dan perizinan-perizinan sudah dalam proses. Saya selalu berkonsultasi dengan pak Menteri Perhubungan," kata Heru Budi di Balai Kota Jakarta, Selasa (7/2/2023).

Kedua, terkait revitalisasi Stasiun Tanah Abang, Heru Budi menerangkan, pengerjaannya akan dilakukan oleh tiga instansi, yaitu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, dan Pemprov DKI Jakarta.

"Yang ketiga adalah MRT. Pak Menteri Perhubungan sudah memberikan arahan untuk koridor East-West dan banyak hal yang tadi kita diskusikan," ujar Heru yang juga Kepala Sekretariat Presiden itu.

Sementara, pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi Pj Gubernur Heru yang berkomitmen mengembangkan angkutan massal di Jakarta. 

Ditambah lagi, lanjut dia, Kota Jakarta akan menjadi contoh pengembangan angkutan massal bagi kota-kota besar lain di seluruh Indonesia.

"Saya senang sekali bahwa Pj. Gubernur DKI berinisiatif untuk menggalakkan angkutan massal. Kita memang punya target memaksimalkan angkutan massal yang ada di pusat perkotaan. Ingat bahwa Jakarta ini menjadi contoh bagi seluruh Indonesia. Dalam rakor ini, ada tiga yang kita bahas tadi, semuanya berkaitan dengan angkutan massal," ungkap Budi.

Budi menegaskan, pengembangan rute LRT Jakarta dari Velodrome ke Manggarai sudah sangat baik. Karena Manggarai merupakan sentral stasiun kereta rel listrik (KRL) yang melayani pergerakan masyarakat dari luar kota (Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi) dan sudah terintegrasi dengan angkutan massal lain, seperti Transjakart.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT