Puskesmas Labuan Gercep Tangani Balita Penderita Gizi Buruk di Cigondang

Sabtu, 4 Februari 2023 13:02 WIB

Share
Kepala Puskesmas Labuan saat mendatangi keluarga anak penderita gizi buruk. (Foto: Ist).
Kepala Puskesmas Labuan saat mendatangi keluarga anak penderita gizi buruk. (Foto: Ist).

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID – Seorang balita di Kampung Laba, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang yang menderita gizi buruk, langsung mendapatkan penanganan dari pihak Puskesmas Labuan. 

Penanganan yang dilakukan terhadap penderita gizi buruk tersebut, dengan cara melakukan validasi dan intervensi langsung terhadap pihak keluarga, memberikan penyuluhan kepada ibu balita, dan memberikan makanan tambahan dan vitamin.

Kepala Puskesmas Labuan, Sri Rejeki mengungkapkan, pihaknya langsung gerak cepat bersama tim terjun ke lokasi, untuk melakukan penanganan terhadap balita penderita gizi buruk tersebut.

Langkah-langkah yang dilakukan, selain memberikan bantuan makanan tambahan dan vitamin, melakukan pemeriksaan secara rutin dengan cara gratis. 

"Kami sudah turun ke lokasi untuk melakukan penganan terhadap sang balita itu. Kaitan dengan keluarga ibu Maesaroh punya dan tidaknya BPJS tetap kami lakukan pemeriksaan secara gratis," ungkapnya, Sabtu (4/2/2023).

Sebelumnya jelas Sri, pogram posyandu rutin dilaksanakan setiap bulan di Blud UPT PKM Labuan, dan keluarga ibu Maesaroh orang tua dari balita tersebut rutin datang je posyandu.

"Berdasarkan hasil posyandu, kami pun merujuk sang balita itu ke klinik gizi di Blud UPT PKM Labuan," katanya. 

Menurutnya, bayi tersebut yang bernama Jihan itu terus dilakukan pemantauan berat badan serat diberikan penyuluhan kepada ibu bayi mengenai pemberian makanan tambahan serta pemberian vitamin. 

"Bahkan pada Hari Kamis kemarin kamu melakukan validasi dan intervensi langsung bersama pihak Kecamatan Labuan, Desa dan tim gerak cepat Blud UPT Puskesmas Labuan, sekaligus menyampaikan bantuan dari Bupati Pandeglang," ujarnya.

Disampaikannya, bahwa pihaknya pun akan terus melakukan pemantauan dan pendampingan terhadap penderita gizi buruk tersebut hingga benar-benar sehat dan kembali normal.

Halaman
Reporter: Samsul Fathony
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar