ADVERTISEMENT

Usai dari Luar Negeri, Satu Warga Tangsel Terkonfirmasi Covid-19 Jenis Kraken 

Kamis, 2 Februari 2023 17:00 WIB

Share
Ilustrasi varian Covid-19 terbaru. (Joshimer Binas/Alamy Stock Photo)
Ilustrasi varian Covid-19 terbaru. (Joshimer Binas/Alamy Stock Photo)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan menyebutkan bahwa telah ditemukan kasus Covid-19 sub varian XBB 1.5 atau Kraken di wilayah tersebut. 

Satu kasus tersebut terdeteksi di wilayah Kecamatan Pamulang 

Dari data yang diperoleh, pasien terdeteksi Covid-19 sub varian 1.5 atau Kraken tersebut terpapar setelah bepergian dari luar negeri. 

Awalnya, pemerintah setempat mendapatkan informasi dari Public Health Emergency Operating Center (PHEOC) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Dinas Kesehatan Provinsi Banten. 

Berdasarkan hasil Whole Genome Sequensing (WGS) tanggal 31 Januari 2023 ditemukan 1 orang warga Kota Tangerang Selatan terkonfirmasi Covid-19 subvarian XBB 1.5.

"Kami dapat informasi pada Rabu, (1/2) kemarin soal kasus itu, lalu tindak lanjuti dengan melakukan Penyelidikan Epidemiologi ke pasien dan kontak erat. Hingga, didapatkan bahwa pasien adalah Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) bersama 3 orang anaknya dan tiba di Indonesia pada tanggal 15 Januari 2023," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Allin, Kamis, (2/2). 

Pasien mengalami batuk, pilek dan sakit tenggorokan. Hingga pada tanggal 16 Januari 2023, pasien dan 1 orang anaknya yang sekamar memeriksakan diri ke Laboratorium dan dilakukan Polymerase Chain Reaction (PCR). 

Hasilnya terkonfirmasi Covid-19, selanjutnya dilakukan Whole Genome Sequensing (WGS) dan terkonfirmasi satu orang dengan sub variant XBB 1.5  atau Kraken. 

"Saat hasil positif yang bersangkutan langsung menjalani isolasi mandiri dan diberikan obat-obatan. Yang bersangkutan juga terdata sudah 3 kali vaksin," ujarnya. 

Hingga pada 26 Janiari 2023, pasien sudah dinyatakan sembuh dan ditindak lanjuti dengan proses tracing terhadap kontak erat lainnya dengan hasil negatif. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Idham Kurniawan
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT