ADVERTISEMENT

Gempa Bumi 4,4 Magnitudo Guncang Bayah, Lebak Getarannya Terasa di Sejumlah Daerah

Kamis, 2 Februari 2023 22:15 WIB

Share
Gempa Bumi di Bayah, Lebak. (ist)
Gempa Bumi di Bayah, Lebak. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Gempa bumi dengan kekuatan 4,4 magnitudo mengguncang wilayah Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, hingga terasa di beberapa daerah di Indonesia.

Diketahui dari situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), peristiwa gempa bumi terjadi pada pukul 19:45 WIB pada titik 7.28 LS - 106.14 BT (40 Km BaratDaya-Bayah-Banten) dengan kedalaman 25 kilo meter.

Dari keterangan yang disampaikan BMKG, bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Subduksi lempeng Indo-Australia kebawah lempeng Eurasia.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasa di wilayah Bayah, Malingping, Ciracap, dan Surade, dengan skala intensitas III MMI.

Getaran gempa juga terasa di Sukabumi, Pelabuhan Ratu, Cianjur, Cipanas dan Lebak, dengan skala II MMI.

Namun saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan dari dampak gempa bumi tersebut.

"Dari hasil monitoring BMKG, belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," ungkap Hartanto, Kepala BMKG wilayah II Tanggerang dalam laporannya.

Diketahui dari kejadian gempa bumi yang diunggah oleh akun Instagram BMKG wilayah2, banyak warganet yang menyampaikan getaran gempa bumi dalam kolom komentar postingan BMKG tersebut.

Seperti yang disampaikan oleh akun Instagram @difia.syfdw "di Bandung juga kerasa gais," katanya.

Akun Instagram @ismasalama22 "Sukalarang Sukabumi kerasa," ucapnya. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT