Cegah Stunting, Ibu Hamil Diimbau Segera Lakukan Pengecekan ke Puskesmas

Kamis, 2 Februari 2023 13:49 WIB

Share
Jenis buah yang bagus untuk ibu Hamil dan bayi, (Getty Images/nensuria)
Jenis buah yang bagus untuk ibu Hamil dan bayi, (Getty Images/nensuria)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono terus berusaha mengentaskan masalah stunting atau gizi buruk di Ibu Kota. 

Oleh karena itu, untuk mencegah masalah stunting lebih dini, Heru Budi mengimbau kepada 140 ibu hamil di Jakarta untuk segera melakukan pengecekan ke Puskesmas terdekat.

"Saya mengimbau kepada 140 ribu ibu hamil, yang hari ini terdata di dinkes (Dinas Kesehatan), untuk segera ke Puskesmas, kita cek. kalau dia kurang gizi, anemia, kita intervensi sehingga lebih mudah ketika ibu hamil. sekarang berjalan semua di seluruh kota," ujar Heru Budi kepada awak media, Kamis (2/1/2023).

Kemudian, Heru Budi mengungkapkan bahwa data yang rawan stunting paling banyak di wilayah Jakarta Utara. 

Pasalnya, sebanyak 777 orang di Cilincing rawan dengan stunting.

Untuk saat ini, mantan Kepala Sekretariat Presiden (Kasatpres) ini mengungkapkan, untuk keberhasilan mengentaskan stunting sudah mencapai 24 persen.

"Di Cilincing 777, saya ada datanya, yang paling banyak di situ. yang sudah, keberhasilan sukses itu kurleb bisa 24 persen, dan itu kita terus (lakukan)," ucapnya.

Heru Budi menyebut, saat ini pihaknya dan jajaran dinas terkait terus mengawasi stunting yang ada di Jakarta. 

Sebab, ketika ditemukan pihaknya langsung dilakukan tindakan.

"Kalau stunted (balita pendek) itu adalah kotak yang dia kita awasi, itu belum tentu stunting. ketika kita awasi, dia masuk ke stunting, baru kita obati, kita intervensi," tutur Heru Budi.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar