Migor Minyakita Hilang dari Pasaran, Bamsoet: Mendag Harus Cari Tahu Penyebabnya

Rabu, 1 Februari 2023 10:36 WIB

Share
Saat peluncuran minyak goreng bersubsidi. (rizal)
Saat peluncuran minyak goreng bersubsidi. (rizal)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Ketua MPR Bambang Soesatyo menanggapi kelangkaan minyak goreng bersubsidi dengan merek Minyakita.

Bamsoet  meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk dapat mencari penyebab kelangkaan minyak goreng tersebut, disamping mengevaluasi pendistribusiannya.

"Kemendag  agar dapat menindak tegas apabila ditemukan atau terbukti adanya permainan korporasi sawit yang menyebabkan kelangkaan minyak goreng bersubsidi tersebut. Mengingat adanya dugaan pemain dalam perdagangan minyak goreng yang sengaja membuat pasokan Minyakita langka," kata Bamsoet, Selasa (31/1/2023).

Bamsoet menyebut,  pemerintah dalam hal ini Kemendag bersama Dinas Perdagangan agar secara rutin melakukan operasi pasar guna memantau ketersediaan Minyakita di pasaran dan tetap dengan harga yang ditetapkan pemerintah yakni Rp 14.000. 

Mengingat di sejumlah daerah harga minyak goreng bersubsidi tersebut sudah melampaui HET sehingga merugikan banyak pihak.

"Pemerintah dapat segera mengurai kondisi kelangkaan minyak goreng bersubsidi ini, jangan sampai ada pihak-pihak tertentu yang dengan sengaja membuat harga minyak goreng bergejolak di pasaran khususnya jelang bulan Ramadhan. Pasalnya program minyak goreng bersubsidi merek Minyakita tersebut ditujukan untuk rakyat kecil guna mengurangi beban ekonomi mereka," ucapnya. (rizal)

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar