Bincang dengan Refly Harun, Habib Rizieq Sebut Keturunan Nabi Tak Boleh Terima Zakat

Rabu, 1 Februari 2023 14:47 WIB

Share
Habib Rizieq Shihab saat berbincang dengan Refly Harun. (Foto: tangkapan layar Channel YouTube Refly Harun)?
Habib Rizieq Shihab saat berbincang dengan Refly Harun. (Foto: tangkapan layar Channel YouTube Refly Harun)?

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Habib Rizieq Shihab menegaskan kalangan saadah atau para keturunan Nabi Muhammad SAW tak diperbolehkan menerima zakat. Menurut dia, hal ini sudah menjadi ketentuan dalam hukum Islam. 

Hak ini ia terangkan saat berbincang dengan Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun, lewat Channel YouTube pribadi Refly Harun, dikutip Rabu (1/2/2023).

Awalnya, mantan Imam Besar Front Persatuan Islam itu tengah menjelaskan perihal urgensi pendaftaran setiap keturunan nabi yang baru lahir ke Rabithah Alawiyah.

Rabithah Alawiyah merupakan sebuah organisasi massa Islam yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan. Pada umumnya organisasi ini menghimpun WNI keturunan Arab, khususnya yang memiliki keturunan langsung dari Nabi Muhammad SAW.

 

 

Habib Rizieq juga menyampaikan bahwa setiap kelahiran keturunan nabi wajibnya didaftarkan ke Rabithah Alawiyah. Sebuah organisasi massa Islam yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan.

Pada saat bayi keturunan nabi lahir pertanyaan yang akan ditanya adalah siapa ayah-ibu, kakek-nenek hingga buyutnya dan jika dinyatakan lulus atau sah, maka anak tersebut bisa mendapatkan gelar habib. Rizieq pun mengatakan alasannya.

“Jawabnya karena ada sejumlah hukum dalam syariat Islam yang berkaitan dengan hak dan kewajiban mereka,” ucapnya.

“Contoh ya contohnya singkat aja keluarga nabi itu nggak boleh makan zakat. Ini kalau kita bicara hukum biasa ya, bukan hukum darurat,” lanjutnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar