Tak Miliki Pelayanan Rawat Inap, Warga Sukamakmur Bogor Terpaksa Berobat ke Cianjur

Selasa, 31 Januari 2023 10:58 WIB

Share
Kegiatan musrenbang Kecamatan Sukamakmur Bogor (ist)
Kegiatan musrenbang Kecamatan Sukamakmur Bogor (ist)

BOGOR, POSKOTA.CO.ID – Jauh dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan tak memiliki Puskesmas yang cukup layak untuk rawat inap membuat warga Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor kerap berobat ke Cianjur.

Tak banyak memiliki Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang cukup layak untuk rawat inap membuat warga Kecamatan Sukamakmur terpaksa melakukan perjalanan jauh ke Kecamatan Jonggol atau bahkan ke Kabupaten Cianjur untuk berobat.

Camat Sukamakmur, Bakri Hasan mengatakan, untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat di bidang kesehatan, pihaknya telah mengajukan revitalisasi Puskesmas Sukamakmur agar bisa digunakan untuk rawat inap melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2024.

"Adapun pertimbangannya karena, dari Sukamakmur banyak yang berobat ke RS Cianjur atau Cipanas, atau ke RSUD Cileungsi dan RS Swasta di Jonggol, " ujarnya kepada Poskota, Selasa (31/1/2023).

Namun, karena ada beberapa sistem yang membuat masyarakat Kecamatan Sukamakmur tak bisa berobat di RSUD menggunakan BPJS, akhirnya masyarakat pun memilih berobat ke RS Swasta di Kecamatan Jonggol.

"Cuma kan karena sekarang tipe yang RSUD berubah tidak bisa melayani dengan BPJS. Pelayanan BPJS cuma di RS Permata (Swasta), sehingga kurang terlayani karena terlalu banyak masyarakat yang berobat disitu," paparnya.

Selain itu, kata Bakri Hasan, jarak tempuh dengan RS yang jauh menjadi pertimbangan lain untuk merevitalisasi Puskesmas tersebut.

"Iya jarak tempuhnya jauh, tapi kalo puskesmas Sukamakmur di revitalisasi jadi bisa rawat inap," pungkasnya. (Panca)

Reporter: Panca Aji
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar