Kebijakan Jokowi Efektif Tanggulangi Covid-19, Ekonom Optimis Ekonomi RI Terus Tumbuh

Selasa, 31 Januari 2023 20:08 WIB

Share
Presiden Joko Widodo. (Foto: IG Sekretariat Kabinet).
Presiden Joko Widodo. (Foto: IG Sekretariat Kabinet).

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Direktur Eksekutif Segara Institute Piter Abdullah mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berhasil mencapai pertumbuhan ekonomi melebihi angka 5 persen.

Positifnya pertumbuhan ekonomi tersebut menurut Piter tidak lepas dari kesuksesan pemerintah secara cepat menanggulangi pandemi Covid 19 yang menghantam seluruh dunia. Secara bersamaan pemerintah juga mengeluarkan kebijakan yang dapat menjaga ekonomi dalam negeri.  

“Pertumbuhan ekonomi tahun 2022 memang sudah diperkirakan di atas 5 persen. Apresiasi kepada pemerintah yang berhasil menanggulangi pandemi dengan cepat sekaligus menjaga perekonomian tidak mati selama pandemi sehingga bisa dengan cepat bangkit ketika pandemi usai,” ujar Piter, Selasa (31/1/2023).

Dengan terkendalinya Covid 19, Piter mendorong supaya pertumbuhan ekonomi tahun 2023 bisa lebih tinggi lagi, meskipun dihadapkan dengan krisis ekonomi global. Dia optimis Indonesia dapat melaluinya.

 

 

“Tahun 2023 seharusnya tahun kebangkitan. Pemerintah hendaknya bisa mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. Kendalanya adalah kondisi global. Gejolak global membuat kita sulit memacu pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. Tetapi bukan sesuatu yang tidak mungkin,” ucap Piter.

Piter berpandangan, pertumbuhan ekonomi di angka 5 persen bukanlah sesuatu yang sulit, yang lebih penting menurut Piter adalah mencapai pertumbuhan ekonomi melebihi di atas angka 5 persen.

“Kalau hanya mencapai target 5 persen saya kira tidak sulit. Yang harus dikejar adalah pertumbuhan di atas target 5 persen,” jelasnya. 

Untuk melampaui target tersebut, Piter menyarankan agar pemerintah menjaga permintaan domestik dan menstimulus tingkat konsumsi masyarakat dan investasi dalam negeri secara masif.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar