ADVERTISEMENT

Utusan Khusus PBB: Butuh Dukungan Internasional Untuk Perdamaian di Yaman

Minggu, 29 Januari 2023 08:00 WIB

Share
PBB
PBB

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID - Dukungan dan koordinasi internasional dibutuhkan untuk perdamaian di Yaman.

Keterangan ini datang dari Utusan Khusus PBB untuk Yaman.

172 organisasi dan lembaga HAM internasional menuntut dihentikannya tragedi kemanusiaan di Yaman dan diakhirnya blokade terhadap negara ini.

Mereka dalam pernyataan pada Kamis (26/1/2023) seraya mengungkapkan kekhawatiran mendalam atas kondisi kemanusiaan yang parah di Yaman.

Karena tragedi kemanusiaan ini membuat lebih dari 20 juta warga Yaman menghadapi paceklik dan kematian sementara data ini dari hari ke hari semakin meningkat.

"Dukungan koordinasi internasional merupakan syarat utama untuk perdamaian yang berujung pada perdamaian berkelanjutan di Yaman."

Demikian pernyataan Hans Grundberg seraya menyinggung bahwa dia telah berunding mengenai solusi perdamaian berkelanjutan di Yaman dengan dukungan internasional yang mencakup seluruh pihak di Yaman.

Hans Grundberg menyatakan dirinya telah berunding dengan Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock dan sejumlah lain dari petinggi Jerman terkait Yaman.

Arab Saudi dan Uni Emirat Arab melancarkan agresi militer ke Yaman sejak Maret 2015. Kemudian memblokade total negara ini dari darat, udara, dan laut.

Jumlah korban tewas akibat perang di Yaman mencapai 11 ribu orang. ***

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT